Catat! Pengambilan Sumpah Jabatan dan Penyerahan SK PPPK Kabupaten Brebes Gratis

Senin 20-05-2024,11:18 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) setempat akan mengambil sumpah jabatan dan Penyerahan SK PPPK Kabupaten Brebes, 21 Mei 2024 besok. Penyerahan SK  ASN Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tersebut dipastikan gratis dan tanpa dipungut biaya.

Hal ini seperti ditegaskan BKPSDMD Brebes yang memastikan pelantikan besok tidak ada pengumpulan dana atau permintaan untuk membayar maupun iuran.

“Jadi pengambilan sumpah jabatan besok untuk PPPK Kabupaten Brebes besok itu gratis. Tidak ada pungutan apapun,” ungkap Plt Kepala BKPSDMD Brebes melalui Kabid Mutasi Darmawan Adinugroho, Senin Mei 2024.

Seperti diketahui, sebanyak 2.419 orang PPPK Kabupaten Brebes akan diambil sumpah jabatannya di Lapangan KPT Kabupaten Brebes besok. Pengambilan sumpah jabatan janji akan dipimpin langsung oleh Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar.

BACA JUGA: 2.419 ASN PPPK di Kabupaten Brebes Akan Diambil Sumpahnya, BKPSDMD: Tak Perlu Ada Suara Sumbang

Adi kembali menegaskan bahwa semua layanan di BKPSDMD tidak ada pungutan sama sekali, alias gratis. Termasuk saat pengambilan sumpah jabatan dan penyerahan SK PPPK Kabupaten Brebes besok.

“Dan jika ada yang meminta pengutan yang mengatasnamakan Perangkat Daerah Pemkab Brebes, semuanya ilegal tidak dapat dipertanggungjawabkan, diminta kepada rekan-rekan segera melaporkan,” tegasnya.

Jika ada isu pemungutan suara terkait pengambilan sumpah jabatan PPPK Kabupaten Brebes, selanjutnya, pihaknya akan menulusuri hal itu. Pihaknya akan bekerja sama dengan Inspektorat Brebes.

“Jadi kami imbau kepada para PPPK yang akan diambil sumpah jabatannya besok agar tidak menyetorkan uang apapun ke oknum yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” tukasnya.

BACA JUGA: Ratusan Pegawai Tidak Tetap Brebes Geruduk KPT, Tuntut Diangkat Jadi PPPK

Ribuan ASN PPPK Kabupaten Brebes yang dilantik itu merupakan hasil seleksi tahun 2023 lalu. Dari formasi sejumlah 2.555, dihasilkan 2.419 ASN PPPK yang lulus dan bakal diambil sumpah jabatannya yang terdiri dari tenaga kesehatan 723 orang, tenaga pendidik 1602 orang dan teknis lainnya 94 orang.

Dalam pengambilan sumpah jabatan nanti, kata dia, akan diserahkan pula Surat Keputusan (SK), Perjanjian Kerja dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) langsung, sehingga sejak tanggal tersebut, ASN PPPK Kabupaten Brebes langsung bekerja di tempat baru.

“Jadi nanti saat pengambilan sumpah mereka langsung menerima SK, Perjanjian Kerja dan SPMT,” ucapnya.

Dia berharap, ke depan ASN PPPK Kabupaten Brebes yang bakal diambil sumpah jabatannya bisa menjunjung tinggi profesionalitas dan loyalitas, serta tidak perlu ada suara sumbang, karena semua telah menjadi satu keluarga besar ASN Kabupaten Brebes.

“Jadi kami berharap ASN PPPK yang akan diambil sumpahnya nanti bisa bekerja bersama membangun Kabupaten Brebes,” tutupnya.(*)

Kategori :