Tips Agar Hp Android Tidak Kena Hack, Ternyata Begini Cara Gampangnya

Minggu 05-05-2024,11:02 WIB
Reporter : Afifah Nurhalimah
Editor : Teguh Mujiarto

Fitur yang perlu dimatikan selanjutnya adalah mode hemat baterai, meskipun fitur ini dapat membantu menghemat penggunaan baterai agar bisa dipakai seharian. Hal ini karena jika fitur ini diaktifkan akan menyebabkan penurunan performa Hp Android.

4. Hapus Browsing History Secara Berkala

Tips selanjutnya yaitu hapus browsing history secara berkala, karena para hacker akan melacak kebiasaan dan pola anda ketika menggunakan internet. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghapus browsing history beserta dengan cookie dan cache.

5. Menggunakan Password yang Rumit

Usahakan untuk memasang password atau pin yang berbeda pada setiap perangkat elektronik. Hal ini untuk mencegah hacker menebak password yang biasa pengguna gunakan seperti tanggal lahir yang digunakan disemua aplikasi. 

BACA JUGA: JANGAN TERTIPU! Ini 5 Resiko Menggunakan Hacker Hapus Data Pinjol, Kenali Juga Cara Kerjanya

6. Gunakan Two-Factor Authentication

Two-Factor Authentication (2FA) merupakan fitur yang ada disetiap hp android, mengaktifkan fitur ini menjadi salah satu cara akurat mencegah hp android kena hack. Fitur ini akan mengirimkan sebuah kode kepada pengguna, ketika ada percobaan untuk login.

Selain kode juga bisa melalui konfirmasi SMS atau email, hal tersebut merupakan fitur pengamanan dari Apple ID dan Google ketika ponsel digunakan oleh orang lain. Bentuk dari two-factor authentication sangat beragam, mulai dari sidik jari, face id, hingga USB key fisik yang merupakan opsi populer.

7. Gunakan Layanan Lost Device Tracking

Penggunaan fitur ini akan mempermudah anda menemukan ketika ponsel hilang ditempat umum. Hal ini karena layanan tersebut akan melacaknya melalui keakuratan lokasi ponsel anda saat ini. 

Hp Android keluaran terbaru pasti dilengkapi dengan fitur ini, biasanya pengguna tinggal menyalakan GPS atau location. Namun jika ponselnya keluaran lama, pengguna perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa melakukannya.

Demikian tadi ulasan mengenai tips agar hp android tidak kena hack oleh orang yang tak bertanggung jawab. Semoga tips tersebut bermanfaat. (*)

Kategori :