Bahaya SPayLater Shopee yang Harus Ditanggung Jika Terlambat Bayar, Berikut Ini Poinnya

Sabtu 27-01-2024,19:10 WIB
Reporter : Ferdinan Alamsyah
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Mengintip bahaya SPayLater Shopee yang harus diperhatikan bagi para nasabah agar tidak terjerat hutang yang menggunung. Karena jika hal itu terjadi akan merepotkan ekonomi Anda. 

Dengan mengetahui bahaya SPayLater Shopee ini, diharapkan Anda dapat lebih waspada. Terutama dalam menggunakan penyedia layanan tersebut dan lebih dapat mengatur atau mengelola kondisi keuangan Anda.

Lantas, apa saja bahaya SPayLater Shopee ini? Mari ikuti ulasan yang telah kami rangkum berikut ini, simak sampai akhir tulisan ini.

Karena di dalamnya akan mengulas bahaya SPayLater Shopee yang perlu kita waspadai. Layanan pinjaman ini disediakan oleh PT Commerce Finance dan mitranya ini menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan pinjaman.

BACA JUGA: Limit Awal Cukup Besar, Inilah Kelebihan dan Kekurangan OVO PayLater yang Perlu Diketahui

Namun, perlu diingat bahwa keterlambatan pembayaran bisa membawa konsekuensi serius yang perlu diwaspadai. Dalam artikel ini, kita akan membahas bahaya SPayLater dan langkah-langkah untuk menghindarinya.

Bahaya Keterlambatan Pembayaran SPayLater

Ketika Anda terlambat membayar tagihan SPayLater, beberapa dampak negatif dapat terjadi:

1. Biaya Keterlambatan

Anda akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari total tagihan Anda. Hal ini dapat menambah beban keuangan Anda secara signifikan.

2. Pembatasan Akses Fungsi

Keterlambatan pembayaran juga dapat mengakibatkan pembatasan akses fungsi di aplikasi SPayLater dan penggunaan Voucher Shopee. Ini dapat mengurangi manfaat yang Anda dapatkan dari layanan ini.

BACA JUGA: Bunga 4 Persen Limit Hingga Rp25 Juta, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Indodana PayLater

3. Penurunan Peringkat Kredit

Peringkat kredit Anda di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK dapat terpengaruh. Penurunan peringkat kredit dapat menghambat kemampuan Anda untuk mendapatkan pembiayaan dari bank atau perusahaan lain di masa depan.

4. Penagihan Aktif

Jika keterlambatan pembayaran terus berlanjut, SPayLater dan mitranya dapat melakukan tindakan penagihan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda.

Langkah-langkah Menghindari Bahaya SPayLater

Agar terhindar dari bahaya SPayLater, Anda dapat mengambil langkah-langkah preventif berikut:

1. Pembayaran Sebelum Jatuh Tempo

Lakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo periode tagihan. Ini akan membantu menghindari biaya keterlambatan dan memastikan kelancaran penggunaan layanan.

BACA JUGA: Cukup Pakai KTP, Layanan Pembayaran Lazada PayLater Bisa Langsung Digunakan dengan Mudah

2. Pelunasan Keseluruhan Tagihan

Jika memungkinkan, lakukan pelunasan keseluruhan tagihan untuk periode berikutnya. Ini tidak hanya menghindari biaya keterlambatan, tetapi juga memberikan keleluasaan finansial di masa mendatang.

Solusi Jika Mengalami Masalah

Jika Anda mengalami kendala setelah melunasi tagihan SPayLater, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

1. Hubungi Customer Service Shopee

Jika SPayLater Anda tidak dapat digunakan setelah melunasi tagihan, segera hubungi Customer Service Shopee. Mereka dapat memberikan bantuan dan klarifikasi terkait masalah yang Anda alami.

2. Kirim Bukti Pembayaran

Pastikan untuk melampirkan bukti pembayaran saat menghubungi Customer Service Shopee. Hal ini dapat mempercepat proses verifikasi dan penyelesaian masalah Anda.

BACA JUGA: Nikmati Limit Sebesar Rp20 Juta dengan PayLater BRI Ceria yang Masih Jarang Diketahui

3. Email ke customerservice@cmf.co.id

Jika diperlukan, Anda juga dapat menghubungi PT Commerce Finance melalui email di customerservice@cmf.co.id untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Menggunakan layanan SPayLater Shopee memberikan kemudahan dalam bertransaksi, namun, pengguna perlu menjaga keteraturan pembayaran untuk menghindari dampak negatif yang mungkin timbul.

Demikian bahaya SPayLater Shopee yang perlu Anda perhatikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda menyelesaikan kebutuhan finansial.(*)

Kategori :