Perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI, Mana yang Paling Menguntungkan?

Jumat 02-02-2024,15:45 WIB
Reporter : Zhiva Sediqi Firanoerma
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Setiap bank mempunyai hal-hal yang membedakan pinjaman KUR antara bank yang satu dengan bank lainnya.  Berdasarkan hal itu artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI.

Meski kelebihan maupun kekurangan yang menjadi perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI mungkin menjadi pertimbangan. Namun syarat utama KUR antara kedua bank tersebut tetaplah sama.

Lebih lanjut mengenai perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI tentunya terjadi. Karena setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing. 

Karenanya, mari kenali apa saja perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI yang dapat menjadi informasi untuk Anda. Simak artikel berikut hingga tuntas.

BACA JUGA: Perbedaan KUR BRI dan KUR Mandiri 2024, Perbandingan Angsuran Pinjaman Jadi Syarat Utama Perintis Usaha

Perbedaan Kredit Usaha Rakyat Bank BNI dan BRI, diantaranya

1. KUR BNI

KUR BNI adalah Kredit Usaha Rakyat di mana Bank BNI sebagai penyedia modal utama dalam program ini. Terdapat syarat penting saat akan melakukan pengajuan KUR BRI yaitu sudah berusia 21 tahun atau sudah menikah, mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

Dengan syarat paling penting yaitu memiliki identitas sebagai warga negara Indonesia.  Untuk syarat utama dari kedua bank ini memang tidak berbeda.

Selanjutnya setelah membahas KUR BRI, berikutnya akan membahas KUR BNI. Di mana hal-hal ini menjadi perbedaan KUR BNI dengan KUR BRI, sebagai berikut:

  • Penerima modal yaitu calon nasabah yang mempunyai usaha produktif dan layak serta tidak/belum menerima kredit modal lainnya. Di mana penerima pada KUR BNI digolongkan dalam 2 jenis pinjaman yaitu KUR Mikro dan KUR Kecil. Hal ini berbeda dengan KUR BRI yang mempunyai 3 jenis pinjaman.
  • Suku bunga yang ditetapkan pinjaman KUR Mikro dan KUR Kecil yaitu dari 6% efektif per tahunnya. Hal ini berbeda dengan bank BRI yang menetapkan suku bunga 6%-9%
  • Maksimal Pengajuan, di mana untuk KUR Mikro pada jangkan KMK maksimal 3 tahun pengajuan, dan KI 5 tahun. Di mana hal ini berbeda dengan Bank BRI yang membedakan jangka waktu sesuai sektor.
  • Maksimal Pengjuan KUR BNI berikutnya yaitu pada KUR Kecil dengan KMK maksimal 4 tahun dan KI 5 tahun. Hal ini berbeda dengan Bank BRI sebab KUR Kecil BRI hanya menyediakan akumulasi plafon hingga Rp500 juta.

BACA JUGA: Perbedaan KUR dan Non KUR BRI, Mana Angsuran yang Paling Pas untuk Pelaku UMKM di Tahun 2024

2.  KUR BRI

KUR BRI adalah Kredit Usaha Rakyat di mana Bank BRI sebagai penyedia modal utama dalam program ini. Terdapat syarat penting saat akan melakukan pengajuan KUR BRI yaitu sudah berusia 21 tahun atau sudah menikah mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan.

Dengan syarat paling penting yaitu memiliki identitas sebagai warga negara Indonesia.  Lebih lenjut mengenai hal-hal penting dalam KUR BRI, yaitu:

  • Penerima modal atau calon nasabah yang mempunyai usaha produktif dan layak serta tidak/belum menerima kredit modal lainnya. Di mana penerima digolongkan dalam 3 jenis pinjaman KUR BRI yaitu KUR Super Mikro, KUR Mikro sektor 4P dan selain sektor 4P, serta KUR Kecil.
  • Suku bunga yang ditetapkan dalam setiap jenis berbeda yaitu KUR Super Mikro memiliki 3% efektif per tahun.
  • Suku bunga pada pinjaman KUR Mikro dan KUR Kecil yaitu dari 6% peningkatan hingga 9%.
  • Maksimal Pengajuan, di mana untuk KUR Mikro 4P mempunyai maksimal 4 kali pengajuan, dan untuk KUR selain 4P mempunyai maksimal 2 kali pengajuan. 

BACA JUGA: Perbedaan KUR BRI dan BNI 2024, Pilih yang Tak Bikin Galau Nantinya

Kategori :