5 Alasan Pinjol Tidak Bisa Jadi Solusi Keuangan yang Tepat untuk Segala Situasi

Kamis 18-01-2024,11:00 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Ada 5 alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat untuk segala situasi. Meski memang menawarkan pencairan uang yang instan, ada beberapa risiko yang terjadi nantinya.

Alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat juga harus diperhatikan, khususnya bagi orang-orang awam di dunia pinjaman online. Apalagi tidak memiliki wawasan bagaimana cara mengelola uang pinjol yang benar.

Salah satu alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat, yaitu karena adanya biaya bunga yang dibebankan. Meski suku bunga pinjol kini sudah turun, tetap saja bisa menambah biaya hutang yang harus dibayar tiap bulannya.

Berikut 5 alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat untuk segala situasi. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

5 alasan pinjol tidak bisa jadi solusi keuangan yang tepat

Anda yang baru mau mengajukan pinjol harus tahu beberapa penyebab mengapa layanan kredit ini tidak bisa selalu jadi solusi keuangan yang tepat. Adapun diantaranya.

BACA JUGA : Mau Bayar Pinjol tapi Aplikasi Tidak Bisa Diakses? Atasi dengan 4 Cara Ini

1. Biaya bunga dan tambahan lain

Tiap layanan pinjol pasti memiliki biaya bunga dan biaya tambahan lainnya yang harus dibayar konsumennya. 

Biaya tambahan yang dimaksud misalnya biaya provisi, biaya administrasi, denda, dan lainnya. Besaran biaya tambahan ini beragam tergantung dari kebijakan penyedia layanan. 

Maka dari itu, sebelum Anda menyetujui kontrak pinjaman, periksa lebih dulu tentang biaya-biaya ini.

2. Jeratan hutang

Risiko menggunakan pinjol berikutnya yaitu adanya jeratan hutang yang berkepanjangan. Apalagi jika tidak dikelola dengan bijak dan cenderung digunakan untuk hal-hal tidak penting.

Apalagi dengan biaya tambahan yang disampaikan pada poin 1 tadi. Tentu bisa makin memperbesar risiko jeratan hutang yang menumpuk, jika tanpa memiliki rencana keuangan yang baik.

BACA JUGA : Perlukah Bayar Hutang pada Pinjol yang Sudah Diblokir OJK? Begini Penjelasannya

Kategori :