TV Android Lemot? Hapus Cache di Android TV bikin Loading Auto Cepat, Begini Caranya

Senin 15-01-2024,22:20 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - TV Android atau Smart TV Anda sering lemot. Untuk mengatasi loading yang lama, Anda bisa hapus cache di Android TV.

Dengan hapus chace di Android TV maka yang awalnya TV Anda lemot auto langsung jadi cepat lagi. Hapus cache menjadi salah satu cara ampuh agar TV tidak lemot lagi.

TV yang loading lama pastinya membuat Anda tidak nyaman ketika menonton tayangan. Sehingga hapus cache di Android TV menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi TV yang lemot.

Sehingga begini cara hapus cache Android TV yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Simak artikel ini sampai akhir untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Spesifikasi Smart TV Sharp Aquos 4K UHD dengan Google Assistant, Keunggulannya Membawa Perubahan

Cara hapus chahe Android TV

Mengahapus cache menjadi salah satu cara untuk mengatasi TV Android yang lemot. Terdapat berbagai cara agar TV Android auto cepat dan tidak lemot.

1. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi tambahan untuk hapus cache di TV Android. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Unduh dan pasang aplikasi CCleaner
  • Buka aplikasi yang sudah Anda unduh kemudia klik tombol 'Quick Scan'
  • Setelah itu aplikasi akan otomatis memindai semua file yang ada di Android TV. Termasuk folder kosong, aplikasi, thumbnail, caches, cookies, dan lainnya Setelah pemindaian selesai, ketuk tombol 'Clear' untuk mulai membuang file-file yang tidak lagi digunakan. 
  • CCleaner juga akan akan me-refresh perangkat Android TV. Begitu digunakan, TV akan jauh lebih ringan dan anti tidak lagi loading lama apalagi nge-lag. 

BACA JUGA: Kelebihan dan Spesifikasi Smart TV Xiaomi Terbaru Harga 2 Jutaan Layar 32 Inch Resolusi Tinggi Memuaskan

2. Hapus Lewat Pengaturan

Namun jika Anda merasa ribet untuk mengunduh aplikasi tambahan. Anda bisa langsung masuk ke pengaturan untuk hapus cache.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Hidupkan televisi Anda
  • Masuk ke menu 'Settings' kemudian langsung pilih 'Apps'
  • Lanjut dengan mengeklik 'See All Apps'
  • Pilih aplikasi apa saja, TV akan menampilkan jendela baru Klik 'Delete Cache' untuk mulai menghapus caches pada aplikasi tersebut. 

Itulah cara mudah untuk hapus cache Android TV sehingga tidak lemot lagi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.(*)

Kategori :