Kenapa KUR BRI Tak Kunjung Cair Meskipun Syarat Sudah Dipenuhi? Bisa Jadi 4 Hal Ini Penyebabnya

Selasa 16-01-2024,05:10 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL -   Sebelum pengajuan pinjaman KUR BRI, pastinya calon debitur harus memenuhi persyaratan seperti dokumen lengkap, memiliki usaha aktif, tidak memiliki pinjaman di tempat lain dan lain sebagainya. Namun terkadang yang jadi permasalahan kenapa KUR BRI tak kunjung cair, meskipun syarat sudah dipenuhi semuanya.

 

Tak jarang kendala yang tidak terduga membuat sebagian orang kesulitan untuk mengajukan pinjaman KUR BRI maupun mengaksesnya. Lalu kenapa KUR BRI tak kunjung cair?

 

Menjawab pertanyaan kenapa KUR BRI tak kunjung cair meskipun syarat sudah dipenuhi ternyata bisa saja karena hal ini, apa saja?. Simak jawabannya pada pembahasan artikel kali ini.

 

Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa KUR BRI tak kunjung cair, meskipun syarat sudah dipenuhi:

 

BACA JUGA: Pernah Galbay Pinjol Apakah Bisa Mengajukan Pinjaman KUR 2024? Ini Jawabannya

 

1. Kendala Administrasi

 

Permasalahan utama yakni terjadi adanya kendala administrasi, karena proses administrasi yang begitu rumit seringkali menjadi kendala dalam mengajukan pinjaman KUR. Tak hanya itu saja calon debitur memang diharuskan untuk melengkapi dokumen yang kurang seperti proposal usaha, laporan keuangan.

 

Terjadinya kesalahan administrasi ataupun ada dokumen yang benar- benar belum lengkap ini bisa memperlambat proses persetujuan pinjaman.

 

2. Ketidakpahaman Calon Debitur

 

Selanjutnya bisa jadi karena ketidakpahaman calon debitur yang tidak sepenuhnya paham tentang mekanisme dan persyaratan program KUR. Karena terkendala kurangnya ketidakpahaman membuat calon debitur melakukan kesalahan dalam pengajuan, maupun tidak mempersiapkan dokumen secara lengkap.

 

3. Keputusan di Tangan Bank

 

Seperti kita ketahui program KUR BRI dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha, meskipun demikian penentuan akhir pencairan pinjaman berada di tangan bank. Tentunya setiap bank memiliki kebijakan dan prosedur masing-masing yang bisa menilai apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman KUR atau tidak.

 

Hal inilah yang bisa membuat calon peminjam merasa sulit untuk memenuhi persyaratan bank tertentu.

BACA JUGA: Limit Pinjaman KUR Mandiri Terbaru di Tahun 2024, Ada yang Cocok untuk Pengusaha Awal Tambah Modal Rp10 Juta

4. Keterbatasan Dana

 

Pemerintah Indonesia mengucurkan dana KUR tentunya dengan batas nominal tertentu. Karena sangkin banyaknya permintaan dari pelaku usaha yang sering kali melebihi ketersediaan dana. 

 

Pemerintah harus lebih memprioritaskan calon debitur yang memang sudah memiliki usaha aktif dan memenuhi persyaratan lengkap. Karena hal itu banyak calon peminjam tidak kebagian dana KUR padahal sebenarnya sangat membutuhkan sekali.

BACA JUGA: Mengejutkan, Bunga KUR Mandiri 2024 Ternyata Rendah dengan Limit Pinjaman yang Cukup Tinggi

Itu dia pembahasan pertanyaan mengenai kenapa KUR BRI tak kunjung cair meskipun syarat sudah dipenuhi, semoga membantu. (*)

Kategori :