Nasabah Takut DC? Ini 4 Tips Benar Menghindari DC lapangan, Dijamin Tidak Menagih

Jumat 12-01-2024,17:50 WIB
Reporter : Zahwa Malaika Aurora Firanoerm
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Butuh dana cepat dan aman? Memang ada beberapa pinjaman online (pinjol) yang bisa kamu gunakan, tetapi ingat kamu harus menggunakan pinjol legal yang terdaftar izin di OJK. Setelah kamu meminjam dan waktunya membayar, beberapa pinjol mempekerjakan debt collector (DC). Jika iya, ini ada tips benar menghindari DC lapangan.

Tips benar menghindari DC lapangan bisa kamu lihat dan lakukan dalam artikel radartegal ini ya. Kamu sudah benar berada di artikel yang bisa membantu menghadapi penagih utang. 

Sedikit informasi sebelum kamu menggunakan tips benar menghindari DC lapangan. Yaitu selain memiliki solusi untuk kemudahan meminjam uang secara cepat, kamu harus memahami dan mengetahui seorang DC.

DC biasanya bekerja tidak hanya satu orang tapi dua orang. Sayangnya DC sudah dicap oleh nasabah bahwa momok yang ada di DC membuat takut sejumlah orang. Padahal debt collector pinjol tidak akan menagih ke rumah, jika nasabah kooperatif. Maka dari itu, kami bisa kooperatif dengan tips benar menghindari DC lapangan.

BACA JUGA: 8 Etika Penagihan Hutang DC Pinjol Legal OJK, Meski Galbay Nasabah Tetap Dilindungi

Lakukan tips benar menghindari DC lapangan 

DC pinjol juga mempunyai tugas untuk menagih nasabah yang gagal bayar (galbay) mereka akan melakukan proses penagihan secara langsung ke rumah nasabah jika penagihan secara daring gagal di capai.  Ok langsung saja kita simak dan usahakan pakai untuk menghindari DC dengan tips benar  menghindari DC lapangan di bawah ini. Berikut tipsnya:

1. Nasabah yang Aktif Melaporkan DC kepada Pihak Berwajib

Tips benar menghindari DC lapangan yang pertama yaitu nasabah harus aktif melaporkan DC kepada pihak berwajib. Hal ini karena DC merasa khawatir akan hukum yang menimpa mereka yang didapat apabila menagih nasabah yang memiliki keterikatan dengan pihak berwajib.

2. Nasabah yang Memiliki Hubungan dengan Pihak Perusahaan Pinjol

Kedua, nasabah harus selalu berkomunikasi dengan penyedia pinjol. Para DC lapangan enggan melakukan penagihan pada nasabah yang memiliki hubungan dengan perusahaan pinjol. Jika dilarang, DC akan mendapatkan masalah dari pihak penyedia pinjol.

3. Nasabah yang Membayar Tagihan 

Ketiga tips benar menghindari DC lapangan yaitu kamu harus rajin membayar tagihan. Tips ini adalah mereka yang selalu membayar tagihan tepat waktu. Selain itu, DC juga akan respek kepada nasabah yang bersikap sesuai seharusnya.

BACA JUGA: 3 Trik agar DC Pinjol Tidak Menghubungi Terus Menerus Tanpa Perlu Blokir atau Ganti Nomor

Terlebih, nasabah yang membayar tepat waktu akan di apresiasi oleh pihak penyedia pinjaman. Selain itu, ada beberapa bonus yang akan diberikan di antaranya bonus fitur, dan fitur yang terkunci akan segera terbuka contohnya seperti limit, tenor dan lain-lain.

Kategori :