5 Risiko Terlambat Bayar Shopee Paylater, Salah Satunya Potensi Ditagih Debt Collector ke Rumah atau Kantor

Senin 08-01-2024,06:10 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL- Seperti kita ketahui saat ini Shopee memiliki 3 fitur unggulan yakni Shopepay, Spaylater, dan Spinjam yang saat ini banyak digunakan masyarakat. Tetapi masyarakat juga wajib mengetahui risiko jika terlambat bayar Shopee Paylater yang harus diketahui.

 

Fitur Shopee Paylater ini sangat menarik karena mendapatkan tawaran limit bagi pengguna baru yakni Rp750 ribu dan tidak ada batasan limit. Meskipun demikian banyak digandrungi masyarakat, ternyata ada risiko terlambat bayar Shopee Paylater.

 

Shopee Paylater meringankan nasabah, karena terdapat pilihan jatuh tempo sesuai dengan keinginan Anda selama 1,3,6 dan 12 bulan loh. Tapi meskipun jatuh tempo panjang, ada sebagian orang yang belum bisa bayar dan berakhir galbay, makanya ada risiko terlambat bayar Shoppe Paylater.

 

Lebih lanjut, ini dia resiko terlambat bayar Shopee Paylater yang mesti Kamu ketahui:

BACA JUGA: Mudahkan Transaksi Ekonomi Anda dengan Paylater Bank BCA dan Mandiri, Nikmati Berbagai Promonya

1. Denda Sebesar 5 Persen

 

Untuk yang pertama resiko telat membayar Shopee Paylater yakni akan dikenakan denda sebesar 5% dari total tagihan setiap bulannya.

 

2. Mencegah Pembiayaan dari Bank Lain

 

Peringkat kredit pengguna di Slik OJK yang dapat mencegah pengguna untuk dapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain. Shopee Paylater masuk ke dalam aplikasi resmi yang telah diawasi OJK, jadi jika ada keterlambatan atau galbay, nama nasabah bisa masuk ke dalam Slik OJK.

 

3. Pembatasan Aplikasi

 

Saat Anda masih memiliki tagihan Shopee Paylater yang belum terbayarkan. Akun Shopee Anda akan dibatasi dari segi akses maupun voucher Shopee.

BACA JUGA: Cara Menonaktifkan Gopay Paylater dengan Cepat dan Permanen, Jaga-jaga Biar Gak Kalap Belanja

4. Penagihan

 

Selanjutnya resiko terlambat bayar Shopee Paylater yakni adanya penagihan melalui telepon, pesan singkat, Gmail untuk memberikan peringatan agar segera melunasi tagihan yang belum dibayar. 

 

5. Peringatan Pihak Ketiga

 

Untuk yang terakhir harus diwaspadai, biasanya pihak Shopee memiliki debt collector lapangan. Pihak ketiga yakni debt collector lapangan akan datang ke rumah sesuai dengan alamat yang tertera pada aplikasi.

 

Untuk menghindari itu tidak terjadi, sebaiknya gunakan Shopee Paylater dengan bijak dan jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Dampaknya semakin banyaknya tagihan yang akan menghantui Anda dan berdampak buruk bagi keuangan.

 

Karena jika Anda tidak bisa mengontrol, Shoppe Paylater ini bikin kecanduan. Alangkah baiknya jika ingin sesuatu, harus menabung terlebih dahulu supaya tidak ada hal yang terjadi yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Paylater Ubah Kebiasaan Gen Z, Ini Tips Bijak Menggunakannya

Demikian pembahasan artikel risiko terlambat bayar Shopee Paylater yang mesti Kamu ketahui, semoga bermanfaat. (*)

Kategori :