Manfaat Pentingnya Membersihkan AC secara Rutin untuk Kesehatan Anda, Bisa Dilakukan Sendiri

Jumat 05-01-2024,23:30 WIB
Reporter : Zhiva Sediqi Firanoerma
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Indonesia dengan iklim tropis yang membuat mempunyai cuasa panas, bahkan setahun ini mempunyai curah hujan yang rendah. Menjadikan penggunaan AC semakin terus meningkat baik di rumah maupun di kantor. Berdasarkan hal itu, pentingnya membersihkan AC secara rutin supaya udara yang keluar tetap bersih.

Karena apabila Anda mengabaikan pentingnya membersihkan AC secara rutin, maka hal itu menyebabkan penyejuk udara jadi jarang mendapatkan pembersihan. Dampak dari hal itu menjadikan udara yang dihasilkan oleh penyejuk udara akan kotor. Serta penyejuk udara tidak dapat bekerja secara maksimal.

Lebih lanjut apabila membahas tentang kesehatan tubuh yang dapat terpengaruh secara negatif. Sebab AC menjadi salah satu faktor tubuh yang tidak sehat, sebab penyejuk udara juga menjadi tempat sarang penyakit. Maka dari itu pentingnya membersihkan AC secara rutin agar dapat beraktivitas secara maksimal.

Meskipun demikian masih ada sebagian orang yang tidak menyadari pentingnya membersihkan AC secara rutin. Sebab itu artikel ini ada untuk membuat orang-orang lebih memperhatikan hal tersebut.

BACA JUGA: Cara Membersihkan AC Portable Anti Ribet, Lakukan Secara Rutin untuk Udara Lebih Bersih

Pentingnya membersihkan AC secara rutin, berikut manfaatnya:

1. Manfaat Terhadap Kualitas Udara

Penyejuk udara tidak hanya berfungsi untuk membuat ruangan menjadi dingin, tetapi juga berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara yang ada di dalam rumah. Di mana udara tersebut harus tetap bersih dan sehat. Apabila AC yang jarang dibersihkan maka jamur, bakteri, dan kuman akan betah bahkan terus berkembang biak.

Akibatnya dengan hal tersebut membuat ruangan akan tercemar sehingga menyebabkan dampak buruk yang memengaruhi sistem pernafasan. Sebab udara kotor tersebut akan Anda hirup ke dalam tubuh Anda.

2. Pencegahan Kerusakan Fatal pada AC

Apabila mengabaikan pentingnya membersihkan AC secara rutin yaitu dengan membiarkan penyejuk udara beroperasi dalam keadaan kotor. Dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, karena AC yang bekerja dalam keadaan kotor cenderung menjadi lebih panas. Sebab evaporator tidak dapat membuang panas secara efektif.

Dampak buruk lainnya akan menimbulkan potensi AC dalam penumpukan es. Yang mana semua itu dapat dihindari dengan membersihkan indoor dan outdoor AC secara rutin, untuk melakukan hal ini dapat dibantu dengan jasa profesional.

BACA JUGA: Waktu Terbaik Perawatan AC Rumah, Jangan Abaikan Kalau Mau Awet!

Jika rajin mencuci AC juga dapat mengetahui kerusakannya yang mungkin akan terjadi, dengan pencegahan dini yang Anda lakukan. Hal itu bermanfaat dengan biaya pergantian yang relatif lebih murah.

3. Efisiensi AC yang Meningkat

Membersihkan AC dengan mencucinya secara indoor dan juga outdoor penyejuk udara Anda, memberikan manfaat dalam meningkatkan efisiensi AC jadi lebih meningkat. Sebab AC dengan banyaknya debu dan kotoran dapat menutupi koil evaporator yang berakibat pada penyerapan panas yang terganggu. Serta membuat filter udara tersumbat yang memengaruhi kemampuaan AC dalam mendinginkan ruangan.

4. Menghemat Biaya Listrik

Penyejuk udara menjadi salah satu barang elektronik rumah tangga yang mempunyai daya konsumsi listrik yang relatif besar. Dengan AC yang penuh kotoran karena jarang dibersihkan membuat konsumsi daya yang lebih besar. Karena dengan begitu AC akan bekerja lebih keras dan membuat biaya operasi yang semakin naik.

Karena itu baiknya untuk rutin membersihkan dengan mencuci AC, dapat mengurahi kebutuhan unit untuk bekerja lebih keras. Sehingga dapat menghemat tagihan listrik.

BACA JUGA: AC Dinding Terbaik Sharp, Ahlinya Ruangan Sejuk untuk Tingkatkan Kenyamanan Aktivitas Anda

Kesimpulan

Demikian pentingnya membersihkan AC secara rutin, yang apabila dilakukan dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :