Siapkan 3 Hal Ini untuk Melaporkan Pinjol Ilegal yang Menyebarkan Data Pribadi

Rabu 03-01-2024,11:25 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

1. Bukti transaksi

Bukti transaksi ini jadi hal paling penting untuk melaporkan pinjol ilegal nantinya. Bukti ini meliputi kontrak pinjaman, surat pernyataan, dan bukti pembayaran. 

Selain bukti transaksi, Anda juga bisa menyimpan bukti percakapan yang dilakukan bersama pinjol ilegal terkait, entah itu pesan teks, email, maupun telepon.

2. Informasi perusahaan pinjol

Cek informasi perusahaan pinjol ilegal tersebut secara detail untuk bisa membuat laporan. Mulai dari identitas orang dibaliknya, lokasi, nomor, email, dan lain sebagainya untuk mempercepat proses penyelidikan.

BACA JUGA : 5 Pinjol Bunga Rendah 2024 Tanpa BI Checking Limit Tinggi dengan Proses Cair Super Cepat

3. Bukti penyebaran

Hal penting yang harus Anda siapkan untuk melaporkan pinjol ilegal yang menyebarkan data pribadi tentunya yaitu bukti penyebarannya. Entah mereka mengunggah data Anda di suatu platform, situs, atau sebagainya.

Anda harus simpan seluruh bukti adanya penyebaran data pribadi tersebut untuk memperkuat laporan Anda. 

Kesimpulan

Pinjol ilegal memiliki alasan sederhana mengapa menyebarkan data pribadi peminjamnya, yaitu untuk mencari keuntungan pribadi. 

Anda bisa membuat laporan data pribadi disebar oleh pinjol ilegal kepada pihak berwajib. Lengkapi 3 hal tadi yang meliputi bukti transaksi, informasi pinjol ilegal, dan bukti adanya penyebaran data pribadi yang dilakukan pinjol ilegal.

Itulah 3 hal yang harus Anda siapkan untuk melaporkan pinjol ilegal yang menyebarkan data pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :