DC Pinjol Bisa Sita Kendaraan Nasabah Galbay sampai Lakukan Somasi Jika Punya 4 Syarat Ini

Jumat 29-12-2023,11:30 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – DC pinjol bisa sita kendaraan nasabah galbay sampai lakukan somasi jika memiliki 4 syarat tertentu. Jika Anda merupakan nasabah gagal bayar dalam waktu cukup lama, maka Anda mulai sekarang harus waspada.

Apalagi jika meminjam pada platform legal, maka DC pinjol bisa saja sita kendaraan Anda sebagai nasabah galbay sampai lakukan somasi, lho. Mereka bisa menggugat Anda jika tidak kunjung membayar tunggakan dalam jumlah yang banyak.

DC pinjol memiliki wewenang untuk sita kendaraan nasabah galbay sampai lakukan somasi jika mereka memiliki 4 syarat yang sah. Nasabah tidak bisa menolak kecuali melakukan upaya negosiasi internal dengan penyedia layanan.

Berikut 4 syarat DC pinjol bisa sita kendaraan nasabah galbay sampai lakukan somasi. Ketahui hal-hal yang harus mereka miliki, karena jika kurang, maka Anda berhak untuk menolak penyitaan yang dilakukan. 

Cara penagihan hutang DC pinjol ke nasabah galbay

Saat ini sudah banyak layanan pinjaman online yang memiliki DC atau debt collector yang siap menagih hutang kepada nasabahnya.

BACA JUGA : Aturan Terbaru Pinjol 2024 dengan Bunga 0,3 Persen sampai Denda 0,1 Persen Perhari

Mereka akan melakukan sejumlah upaya dengan prosedur yang ditetapkan OJK dalam cara penagihan hutang kepada nasabah. Prosedur penagihan hutang pinjol ini tidak bisa sembarangan dilakukan dan harus mengikuti aturan.

Sebab, jika DC pinjol melanggar cara penagihan hutang ke nasabah galbay diluar aturan OJK, mereka bisa mendapatkan sejumlah risiko atau sanksi dari lembaga keuangan tersebut.

Hal ini termasuk dengan upaya penyitaan kendaraan nasabah galbay oleh DC pinjol. Ada 4 syarat yang harus dimiliki DC pinjol sebelum sita kendaraan nasabah galbay.

Jika saat upaya penyitaan ini DC pinjol tidak melengkapi syarat-syarat tersebut, maka nasabah berhak menolak memberikan kendaraannya.

4 syarat DC pinjol sebelum sita kendaraan nasabah galbay

DC pinjol bisa sita kendaraan nasabah galbay sampai lakukan somasi jika sudah memenuhi 4 syarat berikut.

BACA JUGA : Galbay Pinjol dan Paylater Bersamaan yang Mana Harus Dilunasi Lebih Dulu? Begini Caranya

1) DC pinjol harus memiliki sertifikat profesi di bidang penagihan dari Lembaga Sertifikasi Profesi di bidang pembiayaan yang resmi terdaftar di OJK. Sertifikat ini wajib dibawa dan diperlihatkan kepada nasabah.

Kategori :