5 Trik Ampuh Ini Bukan Cuma Bisa Lunasi Hutang Pinjol tapi Juga yang Lain, Yuk Coba

Jumat 29-12-2023,11:00 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

Bisa juga nantinya ditawarkan opsi pembayaran lain selain uang tunai atau transfer, misalnya dengan menggadai barang berharga. Cara ini juga agar hutang pinjol Anda bisa lunas dengan cepat.

3. Konsolidasi hutang

Cara melunasi hutang pinjol yang tepat berikutnya yaitu dengan konsolidasi hutang. Konsolidasi ini maksudnya menggabungkan seluruh hutang Anda jadi satu pinjaman, dengan bunga yang lebih rendah. 

Nantinya, lewat cara pembayaran hutang pinjol yang ampuh ini bisa memungkinkan Anda membayar cicilan lebih terjangkau, serta lebih mudah mengatur keuangan ke depannya. Pastikan Anda sudah memahami kebijakan soal pinjaman konsolidasi ini terlebih dulu.

4. Membuat anggaran

Trik ampuh berikutnya ini bukan cuma bisa lunasi hutang pinjol tapi juga yang lain, yaitu membuat anggaran keuangan.

BACA JUGA : Risiko Pinjol Tanpa KTP Bisa Buat Bunga Lebih Tinggi sampai Adanya Penagihan Agresif

Catat dan evaluasi pengeluaran yang ada agar bisa mengurangi biaya mana yang dirasa tidak penting. Mulai dari kebutuhan pokok, transport, tagihan rutin, dan sebagainya.

Kurangi pengeluaran yang tidak begitu perlu dan alokasikan dananya untuk membayar hutang lebih dulu. 

5. Meminta bantuan konseling keuangan

Cara agar hutang pinjol lunas dengan cepat selanjutnya dengan meminta bantuan profesional, seperti konseling keuangan. 

Saat ini sudah banyak organisasi non profit atau sejenisnya yang bisa memberikan saran secara gratis atau murah kepada konsumen. Nanti mereka akan membantu membuat rencana keuangan termasuk cara membayar hutang yang Anda miliki.

Kesimpulan

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk melunasi hutang pinjol yang paling tepat. Mulai dari lakukan evaluasi hutang dulu, negosiasi, konsolidasi hutang, membuat anggaran, dan meminta bantuan konseling keuangan.

Itulah 5 trik ampuh bukan cuma bisa lunasi hutang pinjol tapi bisa juga dicoba untuk yang lain. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :