Dampak yang Terjadi Jika Daihatsu Sigra Tidak Menggunakan Pertamax, Beserta Cara Perawatan

Senin 25-12-2023,11:30 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Dayu Mila

RADAR TEGAL – Ada dampak yang akan terjadi jika Daihatsu Sigra jika tidak menggunakan Pertamax. Sebab, sembarang mengisi bahan bakar bisa mempengaruhi kinerja mobil itu sendiri.

Selain membahas dampak yang terjadi jika Daihatsu Sigra tidak menggunakan Pertamax, pada artikel ini juga akan memberikan tips perawatannya. Sehingga, nantinya Anda bisa lebih paham untuk menjaga keawetan mesin mobil.

Dampak yang terjadi jika Daihatsu Sigra tidak menggunakan Pertamax ini tidak bisa Anda sepelekan. Jangan sampai nantinya perjalanan Anda malah bermasalah karena salah pilih bahan bakar.

Berikut selengkapnya dampak apa yang terjadi jika Daihatsu Sigra tidak menggunakan Pertamax. Simak sampai akhir untuk tips perawatannya.

Dampak yang terjadi jika Daihatsu Sigra tidak menggunakan Pertamax

Daihatsu Sigra termasuk jenis mobil LCGC atau Low Cost Green Car yang dianjurkan menggunakan bahan bakar Pertamax, atau setara dengan RON 92.

BACA JUGA :  5 Alasan Mengapa Daihatsu Sigra Masih Eksis dan Layak Dibeli di 2023, Murah tapi Gak Murahan

Adapun alasan mengapa Daihatsu Sigra harus menggunakan Pertamax, yaitu agar emisi gas buang yang dihasilkan rendah. Penggunaan Pertamaz juga berguna untuk tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar.

Walaupun termasuk mobil yang memiliki harga jual ekonomis, bukan berarti bisa sembarangan mengisi bahan bakar dengan oktan rendah.

Jika Daihatsu Sigra diisi bensin yang bukan Pertamax ada risiko kerusakan akan muncul. Mulai dari mesin, bahan bakar boros, sampai performa mobil yang tidak optimal lagi.

Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai juga bisa membuat komponen pada ruang bakar cepat rusak. Hal ini dikarenakan pembakaran tidak sempurna dan panas berlebihan.

Jenis mobil LCGC ada yang memiliki aturan tidak menerima klaim garansi jika ada mesin rusak akibat penggunaan BBM di bawah RON 92.

BACA JUGA :  Bocoran Fitur Daihatsu Sigra 2024, Bawa Inovasi dan Kenyamanan Terbaru untuk Penggunanya

Perlu Anda tahu, mobil jenis LCGC memiliki kompresi mesin yang tinggi, yaitu di atas 10:1. Maka dari itu, untuk membuat mesinnya bekerja dengan baik dan konsumsi bahan bakar irit harus menggunakan Pertamax atau tidak boleh kurang dari RON 92.

Itulah mengapa Daihatsu Sigra harus menggunakan Pertamax, sebab penggunaan bahan bakar yang tepat bisa membuatnya lebih responsif, kinerja lebih maksimal, serta gas buang emisi rendah.

Kategori :