Getaran Gempa Tegal Rusak 2 Rumah di Salem Brebes, Korban Masih Didata

Jumat 15-12-2023,23:49 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL - Getaran gempa Tegal rusak 2 rumah di Kecamatan Salem Kabupaten Tegal, Jumat 15 Desember 2023 malam sekitar pukul 21:24 WIB. Kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tegal itu tersebar di dua desa.

Kerusakan akibat getaran gempa Tegal itu merupakan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes. Kepala BPBD Brebes Nushy Mansur melalui Koordinator Satgas Pos Bumiayu Budi Sujatmiko mengatakan, untuk laporan sementara ada dua rumah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. 

Dua rumah yang mengalami kerusakan akibat getaran gempa Tegal berada di wilayah Kecamatan Salem.

"Akibat gempa Tegal tadi, ada dua rumah yang mengalami kerusakan. Yakni satu rumah rusak sedang di Desa Kedumanis dan satu rusak ringan di Desa Citimbang. Keduanya berada di wilayah Kecamatan Salem," ujarnya menyebut lokasi kerusakan akibat getaran gempa Tegal.

BACA JUGA:Gempa Tegal Malam Ini, Ternyata Getaran Kedua Setelah Selasa Pukul 23.01 WIB

Sementara untuk di wilayah Kecamatan Bantarkawung, lanjutnya, saat ini masih dalam tahap pendataan atau assessment. 

"Untuk sementara data yang kami terima dari Kecamatan Salem, untuk di wilayah Bantarkawung masih dalam tahap pendataan," tukasnya.

Hal senda juga disampaikan Camat Salem Wartoid. Sedikitnya ada dua rumah di dua desa di Kecamatan Salem yang rusak akibat gempa yang berpusat di Kabupaten Tegal itu. 

"Dua rumah rusak sedang dan ringan. Keduanya ada di Desa Kedumanis dan Citimbang. Kalau desa-desa yang lain untuk sementara masih aman," pungkasnya.

BACA JUGA:Gempa Tegal Bikin Panik, Detik-detik Warga Berhamburan Keluar Bangunan Terekam Kamera CCTV

Getaran gempa Tegal malam ini, Jumat 15 Desember 2023 yang terasa sampai Brebes dan Banyumas rupanya bukan kejadian pertama. Sebelumnya di hari Selasa, 12 Desember 2023.

Hal ini diketahui dari keterangan resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebut jika di hari itu juga terjadi gempa seperti getaran gempa Tegal malam ini. Hanya saja, kedalamannya lebih kecil dari sekarang.

Dalam keterangan tersebut, BMKG menulis jika kedalaman gempa di hari Selasa, 12 Desember 2023 adalah 10 km. Sementara getaran gempa Tegal malam ini kedalamannya 13 km.

Gempa Tegal malam ini sempat membuat panik sejumlah warga di Tegal, Brebes, Banyumas dan daerah lain yang merasakannya. Sementara untuk gempa bumi sebelumnya, BMKG menulis magnitudo yang lebih kecil.

BACA JUGA:Cerita Wahyu, Warga Brebes yang Rasakan Gempa Bumi Tegal: Sudah 2 Kali

Kategori :