Bagi yang Galbay Wajib Tahu, 5 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak HP, Dijamin Berhasil dan Hidup Tenang

Rabu 06-12-2023,04:00 WIB
Reporter : Dewi Kusuma Putri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Anda memiliki tunggakan cicilan pada aplikasi pinjol ilegal? Karena kondisi keuangan yang belum stabil membuat gagal bayar (galbay).

Biasanya jika ada tunggakan pinjol ilegal , debt collector (DC) akan terus menerus hubungi Anda sehari sampai 10 kali, hal itu bertujuan mendesak agar cepat bayar tunggakan cicilan tersebut.

Rasa gelisah yang ada dan membuat hidup tidak tenang, terkadang memikirkan bagaimana caranya aga tunggakan pinjol ilegal bisa dilunasi. Sehingga para penagih tidak harus menghubungi kontak HP Anda.

 

Tapi tenang. solusinya bisa Anda baca dalam artikel ini yang akan membahas 5 cara agar tunggakan pinjol ilegal bisa terlunasi. Jadi para DC tidak bisa mengakses kontak HP Anda.

 

BACA JUGA: 3 Tempat Pinjam Uang Tanpa DC Lapangan Selain Pinjol, Cocok untuk Cari Dana Darurat

 

Sekadar informasi, Anda perlu mewaspadai niat jika ingin meminjam uang di lembaga pinjaman online ilegal. Karena memang lembaga tersebut belum memiliki izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

Biasanya pinjol ilegal akan mengakses kontak nasabah tanpa sepengetahuan dan dimanfaatkan untuk mengancam sebar data. Daripada penasaran, simat saja 5 cara agar tunggakan pinjol ilegal beres, dan DC-nya tidak bisa mengakses kontak HP Anda:

 

1. Jangan Berikan Akses

Hal yang pertama dan paling penting tidak memberikan izin akses kontak seperti lokasi, SMS, telepon maupun media sosial, hal itu dikarenakan pinjol bisa mengetahui data pribadi Anda semuanya.

2. Tak Perlu Memasukkan Kontak Darurat

 

biasanya saat Anda mengajukan pinjaman aplikasi tersebut diberi arahan untuk masukkan kontak dan 2 kontak darurat.

 

BACA JUGA: 5 Alasan Pakai Jasa Joki Galbay Pinjol Justru Bikin Makin Rugi dan Hutang Membengkak

 

Hal itu jangan dilakukan karena dapat suatu saat Anda telat bayar nomor kontak rekan kerja, keluarga bisa keganggu akan terornya pinjol.

 

3. Pinjamlah di Aplikasi Pinjol Resmi OJK

 

Hal yang paling penting jika Anda butuh uang mendesak jangan sesekali jatuh ke lubang tunggakan pinjol ilegal, pastikan pilih aplikasi pinjol yang sudah resmi diawasi OJK. Karena aplikasi pinjol yang resmi tidak akan sembarangan sebar data Anda.

 

4. Ganti SIM

 

Apabila pinjol telah mengancam Anda setiap hari yang harus dilakukan segera ganti SIM dengan nomor baru, agar dapat menghindari dari teroran pinjol ilegal tersebut.

 

5. Lunasi Utang P injol

 

Biasanya pinjol akan menelpon berulang kali kepada nasabah yang telat bayar atau galbay. Oleh karena itu sebaiknya selesai pembayaran tunggakan yang ada.

 

Demikian artikel tentang 5 cara agar tunggakan pinjol ilegal lunas, dan para penagih utang tidak bisa mengakses kontak HP Anda. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :