Syarat dan Cara Gadai Emas Antam di Pegadaian, Bisa Jadi Alternatif Kebutuhan Uang yang Mendesak

Sabtu 02-12-2023,01:30 WIB
Reporter : Tanti Yulianti
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL - Cara gadai emas antam di pegadaian bisa kamu lakukan dengan mudah dengan mengikuti beberapa persyaratan sesuai ketentuan dari pegadaian. Syarat gadas emas di pegadaian salah satunya adalah identitas diri berupa KTP aktif.

Cara gadai emas antam di pegadaian juga tidak rumit sekali karena kamu hanya perlu mengunjungi kantor pegadaian untuk melakukan proses gadai. Kantor pegadaian sendiri saat ini sudah bisa kamu temukan hampir di seluruh wilayah indonesia.

Gadai emas antam di pegadaian sendiri merupakan pemberian kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada nasabah pegadaian. Cara gadai emas antam di pegadaian bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan dana darurat dengan menggadaikan emas sebagai jaminan.

Syarat gadai emas Antam di Pegadaian

Saat ini sudah terdata lebih dari 4.000 outlet pegadaian di seluruh indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan proses gadai emas. Cara gadai emas antam di pegadaian bisa juga kamu lakukan melalui aplikasi pegadaian digital yang sangat memudahkan penggunanya.

BACA JUGA: Bingung Mau Gadai Emas? Berikut Cara Gadai Emas di Pegadaian Tanpa Ribet, Langsung Cair Tanpa Bosen Nunggu

Melansir dari laman resmi pegadaian, untuk syarat gadai emas antam   di pegadaian sangat mudah hanya terdiri dari 2 poin utama. Simak berikut ini syarat yang wajib kamu penuhi agar bisa melakukan gadai emas antam di pegadaian:

Mempunyai kartu identitas berupa KTP Memberikan barang jaminan berupa emas atau berlian di pegadaian Syarat tersebut merupakan syarat mutlak dan wajib untuk bisa melakukan proses gadai emas antam di pegadaian. Perlu diketahui melihat dari syarat tersebut untuk proses gadai emas tidak bisa dilakukan oleh warga negara asing dan hanya bisa dilakukan oleh warga negara indonesia.

Cara gadai emas Antam di Pegadaian

Selanjutnya setelah mengetahui apa saja syarat gadai emas antam di pegadaian, kamu bisa mengetahui bagaimana cara gadai emas antam di pegadaian. Simak berikut ini penjelasan lengkapnya bagi kamu yang ingin melakukan proses gadai emas antam:

BACA JUGA: Sistem Gadai Emas Itu Apa Sih? Apa Saja yang Perlu Diketahui Jika Ingin Menggadaikan Emas?

pertama kamu yang ingin melakukan proses gadai harus mengunjungi terlebih dahulu outlet pegadaian terdekat dengan membawa barang jaminan emas yang akan digadaikan

  • Kemudian jangan lupa juga untuk membawa kelengkapan syarat gadai emas yang dibutuhkan yaitu KTP
  • Kemudian saat di outlet pegadaian barang jaminan akan ditaksir oleh petugas taksir dari pegadaian
  • Jika emas antam sudah ditaksir kamu akan diberikan tawaran plafon uang pinjaman oleh petugas
  • Jika kamu sebagai nasabah menyetujui uang pinjaman yang ditawarkan maka kamu harus menandatangai surat bukti gadai
  • Selanjutnya kamu bisa menerima pinjaman dalam bentuk tunai atau dana bisa juga di transfer melalui rekening bank
  • Perlu diketahui surat bukti gadai yang kamu dapatkan saat melakukan proses cara gadai emas antam di pegadaian harus kamu jaga dengan baik dan tidak boleh hilang. Karena nantinya saat melunasi pinjaman kamu harus membawa sgb untuk mengambil kembali barang jaminan.

    BACA JUGA: Emas Patah Ternyata Masih Bisa Digadaikan di Pegadaian, Ini Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

    Selain itu pada surat bukti gadai juga terdapat informasi nomor kredit serta tanggal jatuh tempo pelunasan. Jangka waktu pinjaman melalui pegadaian sendiri maksimal adalah 120 hari dan bisa diperpanjang dengan membayar biasa sewa modal atau mengangsur sebagian uang yang dipinjam.

    Untuk rincian biaya gadai emas untuk pinjaman rp 50 ribu sampai rp 500 ribu dibebankan tarif sewa modal sebesar 1 persen. Sementara pinjaman lebih dari rp 500 ribu sampai rp 5 juta sewa modalnya sebesar 1,2 persen.

    Perlu diketahui untuk tarif sewa mosal atau bunga gadai akan dibebankan kepada nasabah setiap 15 hari dari uang pinjaman. Demikian informasi mengenai cara gadai emas antam di pegadaian yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan dana darurat dengan sistem gadai. (*)

    Kategori :