Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Smart TV dan TV Digital

Minggu 12-11-2023,16:40 WIB
Reporter : Shafa Fauziah Hanum
Editor : Shafa Fauziah Hanum

RADAR TEGAL - Terdapat perbedaan yang cukup menonjol antara Smart TV dan TV Digital. Simak rangkumannya dalam artikel ini.

Untuk dapat mengoperasikan Smart TV, Anda memerlukan koneksi internet. Anda dapat menonton tayangan dari berbagai platform seperti Netflix dan Yuotube.

Anda dapat mengontrol dan mencari konten apa yang akan Anda tonton melalui Smart TV Anda. Smart TV juga bisa dijadikan TV biasa dengan konventer digital bawaan atau disebut juga digital box. 

Digital box akan membuat Smart TV dapat digunakan untuk menonton kanal free to air dari sinyal antena HD.

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan! Begini Cara Membersihkan Layar LED SMART TV yang Baik dengan Mudah

Perlu Anda perhatikan sebelum membeli Smart TV adalah sistem operasi. Beberapa sistem operasi Smart TV hanya mendukung aplikasi tertentu seperti Youtube.

Oleh karena itu, sebelum membeli Smart TV, pastikan dulu bahwa sistem operasinya mendukung aplikasi yang diincar.  Sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah android.

Biasanya, setiap aplikasi yang berbasis Android di handphone pasti bisa digunakan di Smart TV yang berbasis Android.  Sementara TV digital merupakan TV biasa yang menggunakan antena. 

Untuk dapat terhubung internet, TV digital harus menggunakan perangkat bantuan.  Anda tidak bisa mengontrol konten yang ada di dalam TV digital, Anda hanya bisa mengganti saluran TV sambil menunggu program kesayangan Anda tayang.

BACA JUGA:Smart TV TCL Terbaru 98 Inchi Dijual Rp74,9 Juta, Spesifikasinya Bikin Kita Seperti Nonton Bioskop di Rumah

Berikut perbedaan Televisi Digital dengan Smart TV.

1. Sinyal siaran yang digunakan

Televisi digital sudah pasti tidak diragukan lagi, teknologi ini tentunya telah menggunakan sinyal digital untuk meneruskan siaran televisi.

Sedangkan, Smart TV belum tentu menggunakan sinyal digital. Kemungkinan masih menggunakan sinyal analog atau mengandalkan koneksi internet.

2. Banyaknya konten tersedia

Kategori :