Jangan Langsung Bayar Meski Dc Lapangan Menagih, Cek 5 Hal Ini agar Tidak Ketipu

Jumat 10-11-2023,10:15 WIB
Reporter : Muninggar Setiyo Rini
Editor : Muninggar Setiyo Rini

RADAR TEGAL - DC Lapangan seringkali menagih ke rumah nasabahnya. Hal ini agar nasabah melakukan pelunasan atas uang yang dipinjamnya.

Namun saat DC Lapangan menagih perlu memperhatikan hal ini. Jadi sebelum bayar anda harus cek sebelum tertipu.

Jika DC Lapangan mencangkup 5 hal ini, maka sebaiknya anda tidak membayarnya. Bisa jadi anda akan ketipu dan hutang anda akan semakin menumpuk.

Hal tersebut karena, DC Lapangan merupakan pihak ke 3 saat melakukan pembayaran hutang. Sehingga perlu waspada dan hati-hati.

Anda juga bisa tidak perlu membayarnya jika ternyata DC tidak memenuhi 5 hal ini. Berikut 5 hal yang harus anda cek sebelum melakukan pembayaran hutang.

BACA JUGA:Cara Menghadapi DC Pinjol yang Mengancam, Dijamin Debt Collector Kena Skakmat

BACA JUGA:Catat! 3 Poin Penting yang Wajib Diperhatikan Debitur Galbay Pinjol, Jangan Disepelakan!

Minta surat penagihan ke DC

Sebelum anda membayar hutang ke debt collector, cek terlebih dahulu apakah DC membawa surat penagihan atau tidak. Jika tidak, langsung usir saja DC lapangan tersebut.

Hal itu karena ia menagih tanpa ada intruksi dari perusahaan tempat anda meminjam uang. Jadi kemungkinan uang yang anda bayarkan tidak masuk ke perusahaan dan pinjaman anda tidak akan berkurang.

Pastikan jumlah pinjaman

Jika DC membawa surat penagihan, pastikan kembali jumlah pinjaman anda di aplikasi tempat anda meminjam uang. Hal ini agar anda tahu besaran tagihan yang seharusnya anda bayarkan.

Periksa nama debitur

Nama debitur atau nama Anda juga harus diperiksa baik-baik. Surat penagihan resmi biasanya mencantumkan nama lengkap Anda sesuai dengan data saat mengajukan pinjaman.

Jika nama yang tertara hanya nama depan saja, sebaiknya berhati-hati karena bisa jadi itu surat penagihan palsu.

Kop surat

Meski sepele, anda juga harus memeriksa kop surat. Kop surat berada di paling atas surat. Kop surat biasanya berisi nama perusahaan dan alamat perusahaan.

Pastikan apakah nama dan alamat perusahaan yang tertera di kop benar. 

BACA JUGA:DC Pinjol Legal Harus Mengantongi Izin untuk Bertugas? Perhatikan Hal-hal Ini

Kategori :