RADAR TEGAL - Membuat DC Pinjol Menjadi Lebih Ramah. Berikut Langkah-Langkah Pentingnya.
Debt Collector pinjaman online (DC Pinjol), seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi para peminjam.
DC pinjol terkenal karena cara-cara intimidatif dan kasar dalam menagih utang. Tentu saja, perilaku seperti ini menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran yang berlebihan bagi para peminjam.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, sekitar 83% peminjam pinjol pernah mengalami penagihan DC pinjol yang tidak pantas.
BACA JUGA:5 Pinjol Tenor Lama Tanpa DC Lapangan, Solusi Keuanganmu yang Aman dan Nyaman
BACA JUGA:DC Lapangan Bisa Sasar Mahasiswa, Dampak dan Motifnya Bikin Ngeri
Jenis penagihan yang tidak pantas ini termasuk ancaman kekerasan, pencemaran nama baik, panggilan telepon yang mengganggu, penguntitan, dan bahkan kunjungan langsung ke rumah peminjam.
Angka penagihan yang tidak pantas oleh Debt Collector ini menjadi perhatian serius, termasuk OJK.
Meskipun telah ada peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh OJK untuk mengatur praktik penagihan oleh Debt Collector, namun belum sepenuhnya efektif dalam mengatasi permasalahan ini.
Untuk itu, diperlukan berbagai upaya dari berbagai pihak agar Debt Collector bisa menjadi lebih ramah dalam menagih utang.
BACA JUGA:Hati-hati! Mahasiswa yang Terjerat Pijol Bakal di Drop Out dari Kampus? Ini Faktanya
BACA JUGA:Benarkah Pinjol Ilegal akan Sebar Data Mahasiswa yang Nunggak dan Galbay? Berikut Faktanya
Upaya-upaya ini dapat dilakukan oleh pemerintah, perusahaan pinjol, dan bahkan oleh para peminjam sendiri.
Peran Pemerintah
Pemerintah memiliki peran penting dalam menjadikan Debt Collector pinjol lebih ramah. Beberapa tindakan yang bisa diambil adalah:
-
Memperkuat Penegakan Hukum: Pemerintah harus memastikan penegakan hukum yang tegas terhadap Debt Collector pinjol yang melakukan penagihan yang tidak pantas.
-