Berapa Lama Teror DC Pinjol? Ini Penjelasan dan Ketentuannya!

Selasa 03-10-2023,21:00 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

RADAR TEGAL - Dalam pinjol memang yang namanya galbay itu sangat fatal, namun sering dilakukan nasabah. Bahkan DC pinjol ikut turun tangan dan sampai melakukan teror terhadap nasabah yang telat bayar. 

Aksi teror kontak debitur yang dilakukan oleh DC pinjol tidak mengenal waktu dan tempat. Hal tersebut membuat nasabah tidak nyaman dalam menjalani hidupnya sehari-hari.

Cara yang digunakan DCPpinjol dalam penagihan yaitu dengan berbagai macam, antara lain melalui telepon, SMS, WA dan sampai datang kerumah. 

Oleh karena itu kami memberikan informasi tentang DC pinjol yang harus kalian ketahui dibawah ini.

DC Pinjol sebagai pihak ketiga

Perusahaan pembiayaan atau fintech lending menurut peraturan  OJK nomor 10/POJK.05/2022 tidak menyebutkan tenggat waktu penagihan penyelenggara. Hanya mengatakan bahwa batas waktu maksimal fintech lending saat melakukannya maksimal 90 hari dan selebihnya hangus. 

Selepas 90  hari pinjol tidak boleh melakukan pengambilan dana terhadap debitur wanprestasu secara langsung.  Menurut OJK, pinjol bisa menagih utang kepada nasabah lewat pihak ketiga yaitu debt collector  dengan cara datang ke rumah atau kontak telephone atau SMS

Itulah mengapa kemudian DC lapangan pinjol dicari oleh fintech  lending tujuannya masalah  galbay cepat terselesaikan  dengan cepat. Sekarang ini debitur sering banyak tidak mau membayar utang sudah melewati jatuh tempo.

Peran pihak  ketiga membantu  menyelesaikan masalah ini kemudian tidak heran, apabila DC lapangan pinjol tetap dibutuh. Mereka akan datang ke  rumah nasabah  yang wanprestasi kredit  macet sesudah tenggat waktu ditentukan.

Kirim surat peringatan lebih dahulu

Sebelum datang ke rumah nasabah mereka akan membawa dan mengirimkan surat peringatan berisi jumlah utang, nama debitur hingga ancaman terhadap debitur segera bayar. 

Surat peringatan ditujukan kepada debitur telah wanprestasi terkait kredit macet. Hal tersebut sesuai peraturan OJK nomor 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Tehnologi Informasi.

BACA JUGA:  24 Pinjaman Online Bunga Rendah, Terdaftar Resmi di OJK

Pada pasal 1 ayat 102 peraturan OJK nomor 10/POJK.05/2022 mengatakan  bahwa penyelenggara pinjol. Diwajibkan melaksanakan penagihan ke debitur paling sedikit memberikan surat  peringatan sesuai waktu dalam perjanjian disepakati kedua belah

Berapa lama DC pinjol meneror kontak?

Tags :
Kategori :

Terkait