HATI-HATI! Inilah 5 Kesalahan Menghadapi Debt Collector yang Sering Dilakukan Nasabah Galbay

Senin 25-09-2023,16:50 WIB
Reporter : Sri Eka Cesaria Putri
Editor : Sri Eka Cesaria Putri

RADAR TEGAL - Jika Anda berhadapan dengan debt collector dapat menjadi pengalaman yang menegangkan. Meskipun demikian, Anda mungkin merasa tertekan oleh hutang yang harus Anda bayar penting untuk tetap tenang dan berpikir jernih. 

Banyak berita yang beredar karena mengenai penagihan pinjol Adakami oleh debt collector hingga nasabah yang bersangkutan mengakhiri hidupnya. Teror dan ancaman seringkali mengganggu kehidupan bahkan tidak hanya peminjam hingga keluarga dan kerabat terdekat. 

Teror dan penagihan pinjol disebabkan oleh kegagalan pembayaran oleh peminjam yang menyebabkan debt collector turun tangan. Ada beberapa kesalahan menghadapi debt collector yang harus dihindari saat Anda berhadapan langsung agar tidak terjadi terror ataupun ancaman yang merugikan.

Kenali kesalahan menghadapi debt collector

  • Mengabaikan komunikasi

Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan orang adalah mengabaikan komunikasi dengan debt collector. Mereka mungkin menghindari panggilan telepon atau surat dari debt collector karena merasa malu atau takut. 

Namun, ini bisa menjadi kesalahan yang fatal. Debt collector memiliki hak untuk mengumpulkan hutang yang sah dan menghindari komunikasi hanya akan membuat masalah semakin rumit.

  • Tidak mengecek validitas hutang

Ketika Anda dihubungi oleh debt collector menjadi kesalahan besar untuk tidak mencoba melakukan konfirmasi validitas hutang tersebut. Ada banyak orang terkejut mendapati bahwa mereka ditagih untuk hutang yang mungkin tidak sah atau telah melewati batas.

Penting bagi Anda sebelum melakukan pembayaran apapun, mintalah bukti tertulis yang menegaskan validasi hutang tersebut. Dengan demikian, kedepannya Anda akan merasa tenang karena jumlah yang pasti harus dibayarkan.

  • Mengabaikan hak konsumen

Hak konsumen menjadi salah satu yang perlu Anda kenal dengan baik. Ada banyak kesalahan yang terjadi saat sesorang tidak memahami hak-haknya dalam berhadapan dengan debt collector.

Salah satu hak utama ialah tidak diintimidasi atau disalahgunakan oleh debt collector. Ditambah lagi, Anda sebagai nasabah juga berhak mendapatkan informasi lengkap mengenai hutang Anda.

  • Membayar hutang tanpa kesepakatan tertulis

Saat Anda ingin membayar hutang kepada debt collector, penting untuk memiliki kesepakatan tertulis. Hal ini menjadi kesalahan besar jika Anda melakukan pembayaran tanpa memiliki bukti kesepakatan.

Dengan adanya kesepakatan tertulis, maka Anda memiliki catatan yang jelas mengenai pembayaran yang Anda lakukan.

  • Tidak mengatur anggaran keuangan

Kesalahan terakhir yang kerap terjadi ialah tidak mengatur anggaran keuangan dengan baik. Ketika Anda memiliki hutang, sangat penting untuk memiliki rencana keuangan yang baik.

Hal ini akan membantu Anda melihat sejauh mana Anda dapat membayar hutang tersebut tanpa mengorbankan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA:Kaum Galbay Wajib Simak 5 Cara Lunasi Hutang Pinjol agar Tidak Didatangi DC Lapangan, Begini Caranya

Kategori :