Bakal Bangun Saluran Air, TMMD Sengkuyung III di Kota Tegal Resmi Dimulai

Rabu 20-09-2023,19:35 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III resmi dimulai, Rabu 20 September 2023. Selama pelaksanaan, Program tersebut ditargetkan akan menyelesaikan bangunan saluran air di Jalan Salatiga RT 02 RW 01, Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap III Kapten CBA Sutikno mengatakan sasaran pokok di Kelurahan Debong Tengah yakni pemasangan saluran u-ditch dan cover sepanjang 166,8 meter. Dengan ukuran u-ditch panjang 1,20 meter, lebar 0,40 meter dan tinggi 0,60 meter.

"Untuk kegiatan Pra TMMD sudah terlaksana pada 7-16 September 2023,"katanya.

Selanjutnya, kata Kapt. Sutikno, pelaksanaan TMMD Sengkuyung pada 20 September - 19 Oktober 2023. Kegiatan kali ini, menyiapkan anggaran Rp419 juta, yang terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp217 juta dan Kota Tegal Rp202 juta.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan kegiatan TMMD Sengkuyung menjadi satu bukti bentuk kemanunggalan dan bentuk kerja gotong royong. Itu, sebagai upaya mewujudkan sinergitas semua pihak, baik dari unsur Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri di tengah masyarakat. 

"Melalui kegiatan ini, kita berharap akan mampu memberikan peningkatan derajat kesejahteraan yang mumpuni bagi masyarakat,"ujarnya.

Itu, kata Dedy Yon, meliputi peningkatan produktivitas masyarakat dalam berbagai bidang. Mengurangi kesenjangan, perbaikan sarana prasarana umum, menumbuhkan ketahanan dan kian eratnya kemanunggalan TNI dengan masyarakat. 

Sementara Lurah Debong Tengah, Rodin, menyampaikan, di lokasi pelaksanaan TMMD Sengkuyung tersebut, sebetulnya sudah ada saluran air. Namun ukurannya terlalu kecil dan tidak berbanding dengan jumlah debit air yang mengalir. ***

Kategori :