Gen Z Wajib Tahu, Begini Solusi Terbaik untuk Melunasi Utang Pribadi atau Pinjol

Jumat 08-09-2023,18:31 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL -  Generasi muda alias milineal atau gen z wajib tahu solusi terbaik untuk melunasi utang pribadi atau pinjol. Apalagi dalam beberapa pekan terakhir viral tentang banyaknya gen Z, yang terjerat utang pribadi atau pinjol tersebut. 

Tidak hanya gen z, tetapi banyak pula orang yang terjerat utang, baik itu utang pribadi kepada keluarga, teman, maupun kerabat serta pinjol. Padahal u tang itu hukumnya wajib dibayar hingga lunas.

Utamanya utang pinjol yang rata-rata memiliki tenggat waktu pelunasan dan bunga harian, yang mengakibatkan total utang jadi lebih banyak. Sehingga tidak sedikit yang mengalami gagal bayar atau galbay.

Sebagaimana mengutip dari Instagram @luarsekolah, di bawah ini adalah beberapa solusi yang bisa gen z lakukan untuk melunasi utang.

1. Gunakan Teknik atau Strategi Bola Salju

Strategi atau solusi pertama untuk melunasi utang pribadi atau pinjol adalah strategi bola salju. Strategi bola salju ini menggunakan cara melunaskan utang dari jumlah utang yang terkecil hingga yang terbesar.

2. Memakai Teknik atau Strategi Salju Longsor

Strategi atau solusi kedua untuk melunasi utang pribadi atau pinjol adalah strategi salju longsor. Strategi salju longsor ini menggunakan cara melunaskan utang dari bunga pinjol atau pinjaman utang yang paling tinggi.

3. Menerapkan Teknik atau Strategi Banjir

Strategi atau solusi ketiga untuk melunasi utang pribadi atau pinjol adalah strategi banjir.  Strategi banjir ini menggunakan cara melunaskan utang dengan membayar atau mencicil seluruhnya sama rata saat ada uangnya.

4. Menggunakan Teknik atau Strategi Tsunami

Strategi atau solusi kedua untuk melunasi utang pribadi atau pinjol adalah strategi tsunami.  Strategi tsunami ini menggunakan cara melunaskan utang langsung semuanya. Cara ini bisa dilakukan apabila setelah mendapat warisan.

Demikian informasi tentang solusi untuk melunasi utang pribadi atau pinjol, yang aman dan tak berisiko. (*)

Kategori :