Potongan Cicilan KUR BRI Tahun Terakhir, Uang Diterima Tidak akan 100%, Gratis Biaya Admin dan Provisi

Jumat 01-09-2023,22:10 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL.DISWAY.ID- Potongan cicilan KUR BRI tahun terakhir adalah peraturan ketika nasabah sukses sebagai penerima KUR BRI. Terkadang hal itu memberatkan sebagian para pelaku usaha yang ingin mengajukan Kredit Usaha Rakyat.

Kekhawatiran terjadi takut jumlah potongan cicilan KUR BRI tahun terakhir jumlahnya besar memicu keraguan saat mengajukan KUR di BRI. Perlu diketahui, bahwa potongan pencairan penyedia pinjaman lainnya KUR BRI termasuk paling rendah dan pasti menguntungkan bagi debitur.

Potongan Cicilan KUR   Tahun Terakhir Berlaku Semua Bank

Terasa berat sepertinya kalau KUR   alias Kredit Usaha Rakyat ada pemotongan   kemudian juga uang yang   diterima tidak 100%.   Atau dengan kata lain saat pencairan KUR uang tidak   utuh lagi karena ada pemotongan dari pihak bank.

Namun,   perlu dipahami dan diketahui bahwa peraturan adanya pemotongan dan dana yang dterima   tidak   100% utuh.   Peraturan seperti ini tidak   hanya berlaku hanya bank BRI saja   melainkan pula semua bank.

Dalam hal terkait potongan bunga  pencairan KUR   untuk seluruh bank baik   bank swasta ataupun bank   pemerintah. Seperti KUR BNI,   KUR BCA, KUR Mandiri dan lainnya tanpa kecuali, karena memang sudah menjadi   aturan wajib bagi perbankan.

Potongan Bunga Pencairan KUR   BRI

Berbicara   masalah potongan bunga saat pencairan KUR BRI berlaku ketika maksimal mencapai Rp500 juta   dengan tenor panjang. Rp 500 juta angka tidak   kecil maka perlu ada potongan bunga yang sifatnya   memberikan keuntungan bagi pengusaha UMKM dengan penjelasan sebagai berikut;

    Potongan Bunga KUR Mikro BRI
Potongan bunga saat pencairan KUR BRI setidaknya ada 3 jenis salah   satunya potongan bunga KUR Mikro BRI yang jumlah potongan 0% dengan keuntungan terbebas biaya provisi dan admin,

Namun, meski 0% debitur tetap dikenakan suku bunga 6 % berlku efektif pertahun dengan limit maksinmal Rp 50 juta sampai Rp 500 juta. Masalah tenor    waktu 3-5 tahun memiliki angsuran atau cicilan ringan yang umumnya pengusaha menengah ke bawah lantaran jumlah dana tidak terlalu besar.

 2.Potongan Bunga KUR Kecil BRI

Potongan kedua pada jenis KUR Kecil BRI jumlahnya 0% dengan syarat memberikan agunan sesuai aturan berlaku . Limit pinjaman Rp 50 juta sampai Rp 500 juta sedangkan suku bunga 6% selama per tahun kemudian dari tidak ada potongan.

 

Alasannya   karena diganti agunan atau jaminan   dan itulah mengapa sudah tidak ada lagi potongan.Tentu hal tersebut menguntungkan nasabah lantaran cicilan ringan dan tenor panjang.

3.Potongan Bunga KUR TKI

Masih ada satu lagi yakni potongan bunga   KUR TKI yang juga ada potongan 0%, tetapi tetap terdapat   potongan bunga 6% pertahun dengan cicilan atau   angsuran ringan.   KUR TKI ini membantu modal   awal saa pemberangkatan tenaga   kerja ke luarnegeri tenor waktu 3 tahun.

Potongan 0% Alias Gratis Bagi Pengusaha   UMKM

Kerap kali nasabah merasa khawatir atas potongan pencairan KUR BRI, tetapi perlu dipahami bahwa masalah potongan jumlahnya   sedikit dan minim.Bahkan hanya 0% saja alias gratis kemudian berbeda sama bank lainnya yang pasti jumlahnya kecil dibanding bank sejenis.

BACA JUGA:Pinjol Bunga Rendah OJK Melalui Aplikasi Julo, Bunga Mulai 0,1% Per Hari

Potongan 0% dalam hal ini memang disengaja diatur sedemikian   rupa bertujuan tetap menguntungkan bagi pengusaha UMKM. Ketika pencairan KUR memang   ada satu kali potongan dan saldo   ditahan bertujuan mengantisipasi bila suatu hari   nanti.

Dibulan tertentu di kemudian hari   tidak bisa menjalankan kewajiban pembayaran kredit atau cicilan dengan alasan tertentu. Kondisi   ini pula yang mendorong pihak menerapkan kebijakan tersebut   tetapi jika mampu membayar kredit   hingga lunas   pembayaran terakhir tidak perlu   dilakukan karena   1kali cicilan sudah mengendap dalam   saldo direkenig BRI.*

 

 

 

Kategori :