Coba Cek! Pemilik KTP Tipe Ini Bisa Dapat PKH Rp3 Juta Agustus 2023, di Tegal Kapan Cairnya? Cek di Sini

Kamis 10-08-2023,20:35 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

RADAR TEGAL -  Kabar baik untuk pemilik KTP berjenis berikut ini untuk dapat bansos PKH Rp3 juta Agustus 2023. Kita bisa mengecek bansos Kemensos tahap 3 tersebut kapan cairnya di situs resmi.

Itulah sebabnya banyak orang yang mencari-cari dan mengecek daftar nama penerima PKH 2023 di link cekbansos.kemensos.go.id lewat HP. Utamanya terkait kapan cairnya.

Selain itu, tidak sedikit pula pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS) lama yang belum cair. KKS adalah kartu yang diterbitkan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan sosial (bansos).

Yaitu kepada keluarga kurang mampu atau penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). P emerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya meringankan beban masyarakat miskin selama ini.

Yakni dengan menggulirkan bantuan sosial (bansos) melalui Program Keluarga Harapan (PKH).  Inilah program yang menjadi titik harapan bagi banyak keluarga di Indonesia.

Bansos PKH Rp3 juta Agustus 2023 kapan cair?

Melalui program PKH, keluarga rentan ekonomi akan menerima bantuan pemerintah secara berkala. Saat ini di  tahun 2023, penyaluran bantuan dilakukan dalam empat tahapan yang terbagi sebagai berikut:

  • Tahap 1: Penyaluran berlangsung dari 4 Februari hingga 31 Maret 2023.
  • Tahap 2: Mulai dari 1 April hingga 30 Juni 2023.
  • Tahap 3: Ini adalah tahap yang saat ini tengah di persiapkan, dan akan berlangsung dari Juli hingga September.
  • Tahap 4: Dijadwalkan untuk Oktober hingga Desember 2023.

Sementara itu bagi keluarga penerima manfaat (KPM) bansos PKH tahap 2, dan belum mencairkan dananya, masih bisa melakukannya. Anda dapat mengambil dana tersebut melalui Kantor Pos Indonesia terdekat.

Tetapi untuk memastiannya apakah masih terdaftar sebagai KPM atau tidak, ada baiknya Anda mengeceknya terlebih dulu. Caranya sederhana hanya perlu mengunjungi situs resmi Kemensos di cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk memastiakannya Anda hanya perlu memasukkan beberapa data-data secara detail, seperti alamat, nama lengkap sesuai dengan KTP, serta kode captcha. Selanjutnya klik 'Cari Data', sehingga informasi apakah Anda masih terdaftar sebagai penerima bansos PKH Rp3 juta Agustus 2023 tahap 3 akan segera diketahui.

Berikutnya jika nama Anda muncul dalam daftar tersebut, petugas Kantor Pos akan segera mengirimkan surat undangan ke rumah Anda.  Surat inilah yang bisa Anda jadikan bukti untuk mendapatkan bansos tersebut.

Pastikan saat mengambil bantuan, Anda membawa KTP, Kartu Keluarga (KK), serta surat undangan asli dari Kantor Pos. Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa proses penarikan bantuan ini tidak dapat diwakilkan.

Besaran bantuan PKH yang akan diterima

Sementara itu besaran bantuan yang Anda terima, mungkin berbeda dengan orang lain. Semuanya tergantung pada kategori penerima yang rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Balita (0-6 tahun): Rp3 juta/tahun.

Kategori :