Asal-usul Nama Randugunting Tegal, Dahulu Ada Pohon Besar yang Menyerupai Gunting

Minggu 30-07-2023,14:02 WIB
Reporter : Teguh Ikhmal Bakhtiar
Editor : Teguh Ikhmal Bakhtiar

TEGAL, RADAR TEGAL-Jika kamu tinggal di Kota Tegal tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya desa Randugunting. Ada loh asal-usul nama Randugunting yang beredar di masyarakat.

Di daerah ini terdapat beberapa mitos dan cerita rakyat tentang asal-usul nama Randugunting. Mungkin kamu sudah mengetahui beberapa versi dari cerita ini yang terkenal di tempat ini.

Apa kamu juga salah satu warga asli dari daerah ini? Apa kamu sudah tahu tentang asal-usul nama Randugunting?

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan menjelajahi cerita asal-usul nama Randugunting. Sebelumnya, coba kamu baca artikel Iiiih Serem Lur, Terlihat Sangat Aman, Berikut Mitos Penunggu Jalan Jalingkut Tegal hingga Brebes di situs terpercaya ini.

Asal-usul nama Randugunting di wilayah Tegal

Mengenal Randugunting lebih dekat, nama tersebut adalah salah satu kelurahan yang ada di Kota Tegal. Di wilayah ini juga terdapat banyak pusat ekonomi dan kesehatan.

Tempat ini terkenal dengan kupat glabednya dan juga di jalan Merpati terdapat penjual parfum refilan. Di balik semua itu ada loh asal-usul yang menjadi nama dari daerah ini.

BACA JUGA:Kabarnya Sering Terdengar di Tegal, Siapa Sebenarnya Sosok Dewi Rantamsari? Cek Kebenarannya Disini

Bersumber dari Youtube Teddy Sogandi MV, dia menjelaskan tentang nama Randugunting. Ia menyebutkan bahwa mencari sumber dari beberapa orang di daerah tersebut bahwa dahulunya ada beberapa pohon besar di daerah tersebut.

Menurutnya, pohon tersebut adalah pohon randu. Dengan hal itu menjadi rujukan nama randu di daerah ini.

Randu tersebut kabarnya memiliki banyak cabang yang yang bisa menyerupai gunting. Pohon randu itu menjulang tinggi ke atas dan memiliki banyak ranting.

Pohonnya seperti gunting yang membuka

Menurutnya, pohon randu ini memiliki ranting yang membuatnya berbentuk seperti gunting. Gunting ini memiliki bentuk yang membuka.

Pohon yang ada di daerah ini terdapat 2. Ada yang mengatakan bahwa masing-masing mencerminkan pohon kakek dan nenek.

Untuk lokasinya sendiri, ada di 2 tempat. Lokasinya ada di depan SD Randugunting 1 dan di belakang SD Randugunting 1.

BACA JUGA:Misteri Kota Kuno Inca yang Hilang Machu Picchu, Siapa Sebenarnya Penghuni Kota Ini?

Pohon Randu yang ada di depan dipercaya adalah mbah Randugunting putra dan bagian belakang adalah mbah Randugunting Putri.

Kategori :