Peringati Hari Anak Nasional, Istri Walikota Tegal: Makanan Bergizi Tidak Harus Mahal

Selasa 25-07-2023,20:55 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-39, Selasa 25 Juli 2023 pagi. Kegiatan yang dipusatkan di pendopo Ki Gede Sebayu, diikuti ribuan anak-anak TK dan PAUD se-Kota Tegal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tegal, Roro Kusnabilla Erfa Dedy Yon menyampaikan, ajakan Gerakan Makan Menu Seimbang dan Gemar Minum Susu. Hal itu merupakan cara untuk mencegah stunting terutama pada anak-anak TK dan PAUD.

“Mereka berada dalam masa pertumbuham yang sangat pesat. Sehingga dengan gemar minum susu dapat mencegah anak dalam keadaan stunting,”ujarnya.

Selanjutnya, Roro juga mengingatkan makan makanan yang bergizi tidak selalu harus mahal. Karena, yang terpenting masyarakat harus tahu memilih makanan yang sehat.

“Kita tidak harus melulu makan daging sapi, ikan, telur, tempe, tahu dan sayuran. Itu makanan yang cukup sehat, hanya perlu diolah sedemikian rupa agar anak-anak menjadi suka,”ujarnya.

Roro mengatakan, dukungan dari orang tua sangat penting, karenanya, dia berharap agar masalah stunting tersebut bisa menjadi perhatian bersama. Agar semua pihak bersama-sama untuk menangani masalah stunting.

Sementara, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, Mohamad Afin mengatakan peringatan HAN tahun 2023 mengambil tema Anak Terlindungi Indonesia Maju. Maksudnya untuk mencapai generasi emas Bangsa Indonesia, yang unggul dan mampu bersaing dalam era globalisasi, perlu hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang secara fisik maupun psikososial terlindungi.

“Sehingga terbentuk generasi emas yang cerdas, sehat, unggul dan berkarakter,”ujarnya.

Salah satu hak untuk tumbuh berkembang secara fisik, kata Afin, anak harus terpenuhi asupan gizi dalam keluarganya. Karenanya, dia berharap semoga kebersamaan minum susu pagi hari ini, dapat mendorong semua keluarga untuk lebih memperhatikan menu seimbang.

“Dengan memberikan minum susu pada putra-putrinya, supaya dapat tumbuh berkembang menjadi generasi emas penerus bangsa,”tandasnya. ***

Kategori :