Keunikan Budaya Suku Maori, Penduduk Asli Selandia Baru yang Sambut Presiden RI dengan Tarian Haka

Selasa 25-07-2023,09:27 WIB
Reporter : Devan Aditya Pratama
Editor : Devan Aditya Pratama

Seni dan Tarian Haka

Salah satu keunikan suku Maori yang sangat terkenal adalah seni dan tarian Haka. Haka adalah tarian perang tradisional suku Maori yang dilakukan dengan gerakan tubuh yang kuat, ekspresi wajah yang intens, dan vokal yang lantang.

Haka menjadi simbol keberanian dan semangat suku Maori dalam menghadapi tantangan dan merayakan momen penting dalam kehidupan mereka.

Tarian Haka juga dikenal di seluruh dunia karena menjadi bagian dari budaya All Blacks, tim nasional rugby Selandia Baru.

Sebelum setiap pertandingan, para pemain All Blacks melakukan tarian Haka sebagai cara untuk mempersiapkan diri dan menghormati lawan mereka.

Seni Ukir Kayu dan Tatoo Moko

Seni ukir kayu dan tatoo Moko adalah dua bentuk seni tradisional suku Maori yang menunjukkan keahlian dan keindahan budaya mereka.

Seni ukir kayu dipraktikkan oleh para penguasa dan pemimpin suku untuk membuat ukiran yang indah dan rumit pada berbagai artefak, seperti waka (kanoa perahu) dan wharenui (rumah adat).

Tatoo Moko adalah seni tatoo tradisional suku Maori yang dilakukan dengan memahat atau menggores kulit menggunakan alat tajam.

Tatoo Moko memiliki makna dan simbol yang dalam, menceritakan sejarah, status sosial, dan identitas individu dalam suku Maori.

Sistem Tanah dan Pengelolaan Sumber Daya

Suku Maori memiliki sistem tradisional dalam pengelolaan tanah dan sumber daya alam mereka. Mereka memandang tanah sebagai sesuatu yang memiliki ruamg dan roh, bukan hanya sebagai sumber kehidupan materi.

Konsep tangata whenua (orang asli tanah) menjadi landasan dalam pengelolaan dan kepemilikan tanah suku Maori.

Nilai-nilai keberlanjutan dan keterikatan dengan alam juga tercermin dalam cara suku Maori mengelola sumber daya alam.

Mereka mempraktikkan pola pertanian dan perburuan yang berkelanjutan, yang menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan lingkungan.

BACA JUGA: 5 Keunikan Suku Korowai dari Papua yang Terpandang Dunia, Punya Tradisi Ritual Kehidupan

Kategori :