Jabar Rupanya Punya Beberapa Daerah Sepi, Salah Satunya Kota Cirebon

Sabtu 22-07-2023,16:14 WIB
Reporter : Lawrentia Agfa
Editor : Lawrentia Agfa

RADAR TEGAL -  Siapa sangka rupanya Jabar atau Jawa Barat, Provinsi yang terkenal punya penduduk terpadat. Juga punya beberapa daerah sepi, yang mana penghuninya konon tidak mencapai angka sampai 500.000.

Padahal beberapa Kabupaten dan Kotanya punya total penduduk yang telah mencapai hampir 50.000.000 jiwa. Angka - angka ini di dapatkan berdasarkan BPS (Badan Pusat Statistik).

Rupanya walau terkenal padat penduduk, Provinsi Jabar juga punya daerah - daerah yang sepi ya. 

Apa saja sih daerah - daerah yang masuk jajaran tersepi di Jabar? Yuk simak artikel dari RADAR TEGAL di bawah ini, karena kami akan membagikan infonya.

BACA JUGA: Sumpek dan Bosan Tinggal di Pulau Jawa? Ini 4 Provinsi Tersepi di Indonesia

Deretan daerah - daerah tersepi di Jawa Barat

1. Kabupanten Pangandaran

Pertama ada Kabupaten Pangandaran yang konon jumlah penduduknya hanya mencapai 400.000 an penduduk, atas data BPS yang ada. Bagi yang belum tau, Kabupaten Pangandaran ini berbatasan langsung dengan Ciamis, Cilacap, Samudra Hindia, dan juga Tasikmalaya.

Dengan ibu kota dari Kabupaten Pangandaran ini adalah Kecamatan Parigi. Pangandaran sendiri punya luas wilayah sebesar kira - kira 1.011,04 km.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Paling Sepi di Pandeglang dengan Pemandangan Indah, Kendaraan Jarang Lewat

2. Kota Banjar

Kedua ada daerah tersepi di Jabar bernama Kota Banjar, dengan luas wilayahnya kira - kira 113, 49 KM. Dan hanya dihuni sebanyak 180.000 an penduduk.

Bagi yang belum mengetahui, Kota Banjar ini bertempat di perbatasan antara Jateng dan Jabar. Sehingga sering kali disebut sebagai gerbangnya Jabar. Termasuk kota yang baru, karena resmi ada baru tahun 2003.

BACA JUGA: 5 Kota Paling Sepi di Jawa Tengah, Cari Tahu di Sini Mungkin Salah Satunya Merupakan Daerahmu

3. Kota Sukabumi

Ketiga ada Kota Sukabumi yang mana masuk juga dalam jajaran daerah sepi di Jabar. Dari data BPS yang ada, kota satu ini hanya punya penduduk sebanyak 330.000 an.

Dengan luas wilayah dari kotanya adalah 48,33 KM. Kota Sukabumi masuk jajaran kota sepi ketiga setelah Kota Cirebon dan Cimahi.

4. Kota Cirebon

Terakhir ada Kota Cirebon, yang mana juga termasuk daerah tersepi di Jabar. Hanya di huni sebanyak 322.000 an penduduk saja.

Dan hanya punya luas sebesar 37,36 KM. Letaknya berada di jalur pantura, yang mana merupakan jalur penghubung antara Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya.

Nah, itu dia tadi beberapa daerah sepi di Jabar. Apa Anda salah satunya yang tinggal di daerah - daerah tersebut?

BACA JUGA: Hanya Ada 15 KK, Inilah Potret Desa Tersepi di Wonogiri

 
Tags : #daerah sepi di jawa barat #daerah sepi di ja #daerah sepi
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini