Berikut 6 Makam Wali di Tegal, Ki Gede Sebayu Salah satunya

Sabtu 22-07-2023,12:56 WIB
Reporter : Sosa Kinsty
Editor : Sosa Kinsty

seperti mengembangkan pertanian, membuat bendungan, dan membuat saluran irigasi untuk mengairi sawah-sawah penduduk.

3.  Makam Habib Muhammad bin Thohir Al-haddad

Makam Habib Muhammad Bin Thahir Al-haddad berada di Kompleks pemakaman al-azhar Kauman, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Habib Muhammad Bin Thohir Al-haddad lahir di Kota hadromaut Yaman pada tahun 1838 masehi.

Habib Muhammad Bin Thohir al-haddad selain berdakwah menyebarkan agama Islam beliau juga sukses sebagai seorang pedagang Habib Muhammad Bin Thohir al-haddad dikenal sebagai ulama yang dermawan.

Habib Muhammad bin Thohir al-haddad selalu membagi-bagikan makanan dan barang kepada penduduk setempat, Habib Muhammad Bin Thohir al-haddad wafat di kota Tegal pada tahun 1885 masehi.

4.  Mbah Panggung

Makam mbah Panggung berada di Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, jaraknya sekitar satu kilometer dari alun-alun kota Tegal ke arah timur.

Dikisahkan bahwa panggung berasal dari jazirah Arab nama aslinya adalah Sayyid Syarif Abdurrahman.

Mbah Panggung dikenal sebagai wali yang menyebarkan agama Islam di sepanjang pesisir pantai utara atau Pantura khususnya di kota Tegal.

Nama mbah Panggung berasal dari tempat tinggal beliau semasa hidup yaitu berupa pulau karang yang menjulang tinggi di tengah-tengah lautan.

Karena tempat yang tinggi di atas permukaan laut dan terlihat seperti panggung kemudian orang-orang memanggilnya dengan sebutan Mbah panggung. 

5.  Makam Kyai Haji Sa’id bin Armiya  

Makam ini berada di Desa Giren, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, makamnya tidak jauh dari Pondok Pesantren Attauhidiyyah.

Kyai Haji Sa’id adalah putra dari pasangan Kyai Haji Armia dengan Nyai Aliyah Hai beliau lahir di Desa Cikura, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal.

Diceritakan bahwa suatu ketika Syekh Ali Basalamah seorang Mursyid thoriqoh tijaniyah dari Jatibarang, Brebes, mendengar bahwa di Tegal ada ulama yang mengajarkan tauhid Imam Sanusi.

Tags :
Kategori :

Terkait