Mau Bearkhir Pekan di Tegal? 15 Kuliner Khas Pesisir Tegal Ini Wajib Dicoba, Murah Meriah tapi Maknyus

Jumat 21-07-2023,07:33 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

11. Pilus

 

Pilus adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung dan daun kucai. Makanan ini sangat renyah dan nikmat sehingga banyak penggemarnya oleh masyarakat Tegal dan sekitarnya.

12. Olos

Olos adalah makanan yang terbuat dari paduan tepung aci dan terigu yang berbentuk bulatan kecil dan digoreng kering, di dalamnya berisi sayuran (biasanya kubis) atau bisa juga dengan isi lain. Namun di setiap olos terdapat potongan cabe rawit yang akan memberikan sensasi pedas dan membuat orang merasa tertipu saat memakannya bagi yang baru mencicipi. Olos biasanya penyajiannya sebagai makanan ringan atau camilan.

13. Latopia

Latopia atau Laktopnya adalah makanan berbahan dasar tepung dan kacang hijau, serupa dengan Bakpia. Meskipun terlihat sederhana, tapi rasanya sangat lezat dan cocok sebagai camilan di saat bersantai atau sedang berkumpul dengan teman-teman.

14. Martabak

 

Yang terakhir. Kuliner ini juga menjadi makanan yang wajib kita coba di Tegal. Martabak yang berasal dari Lebaksiu, Kabupaten Tegal ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda dari martabak pada umumnya. Martabak Tegal terdiri dari campuran telur dan daging yang diisi dengan potongan sayur, sehingga sangat cocok sebagai makanan berat.

14. Sate Kambing Tegal

Sate Kambing juga menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang terkenal. Kuliner ini  yang terbuat dari daging kambing muda biasanya berumur di bawah lima bulan (Balibul) yang sangat empuk dan beraroma khas karena tidak terlalu banyak olesan bumbu pada saat membakarnya. Penyajian Sate Kambing Tegal biasanya dengan kecap manis, irisan bawang merah, tomat dan cabe rawit.

Itulah 15 kuliner khas pesisir Tegal yang bisa kita coba saat berakhir pekan di Kota Tegal. Selain 15 itu, masih banyak lagi jenis kulineran yang bisa kita eksplor. Selamat berakhir pekan.(*)

Kategori :