Dari Bikin Gatal-gatal Hingga Kematian, Inilah 7 Tanaman Beracun di Indonesia

Kamis 20-07-2023,22:12 WIB
Reporter : Syamila Isyqi Alayya
Editor : Syamila Isyqi Alayya

Rupanya, pohon upas bisa mematikan karena lendir getahnya. Racun pohon ini membunuh seekor ayam dalam dua menit, dan seekor anjing dalam delapan menit. Penelitian ini ada dalam tulisan Victoria Glendinning dalam Raffles and the Golden Opportunity.

Racun pohon upas ini biasa digunakan untuk racun pada panah dan tombak oleh suku-suku pedalaman Indonesia yang membuat racun secara alami dari tanaman.

BACA JUGA:Wajib Dilindungi! Ini 4 Hewan Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

4. Jancukan

Terdengar seperti kata kasar, tetapi jangan salah, inilah nama salah satu tanaman beracun yang habitatnya ada di Gunung Argopuro, Jawa Timur. Dalam bahasa latin, tanaman ini bernama Gardenia Palmata.

Tanaman ini memiliki bulu duri di sekujur permukaan daunnya. Duri inilah yang mengandung racun. Jika terkena kulit, rasanya akan perih dan panas seperti disengat lebah.

Dalam keadaan kering pun daun ini masih mengandung racunnya. Jadi, pendaki Gunung Argopuro disarankan untuk berhati-hati jika bertemu pohon Jancukan ini.

5. Gympie Gympie

Sekilas, tanaman ini mirip dengan Jancukan. Tapi, Gympie Gymipie mempunyai daun berbentuk hati. Habitatnya ada di hutan tropis Maluku dan Australia. Bulu di sekitar daunnya bisa membuat kulit gatal berminggu-minggu.

Nah, yang lebih parah, di musim kering, bulu-bulu tanaman ini mudah menyebar ke udara. Jika bulu ini terhirup ke saluran pernapasan, bisa menyebabkan radang pernapasan hingga mimisan.

6. Kecubung

Yang satu ini tentunya sudah banyak dikenal. Kecubung adalah bahan pembuatan obat memabukkan yang sering disalahgunakan. Kandungan senyawa astropin, hiosiamin, dan skopolamin mengganggu fungsi saraf sensorik dan motorik.

Kecubung ini, baik bunga, buah, biji, maupun akarnya, bisa menimbulkan efek halusinasi jika dikonsumsi. Dalam kondisi parah, halusinasi bisa berhari-hari, dan bisa juga menyebabkan kematian.

BACA JUGA:Mengagumkan! Hewan Unik Ini Cuma Bisa Kamu Temui di indonesia

7. Jarak

Meskipun tanaman ini memiliki manfaat dari daun dan getahnya, rupanya bijinya sangat beracun. Racun di dalam biji itu bisa menyebabkan rasa terbakar di mulut, leher, dan perut.

Kategori :