Kenapa Mayoritas Masyarakat Indonesia Doyan Minum Kopi? Terutama Kopi Hitam? Berikut Alasannya

Kamis 20-07-2023,14:25 WIB
Reporter : Dimas Adi Saputra
Editor : Dimas Adi Saputra

TEGAL, radartegal.disway.id - Kenapa masyarakat Indonesia doyan minum kopi? terutama kopi hitam.

Kopi pada dasarnya merupakan minuman yang bearasal dari tumbuhan biji kopi yang kemudian diolah melalui proses yang panjang yang akhirnya diubah menjadi minuman. Sejarahnya kopi pertama kali ditemukan di Ethiopia Afrika Timur, di abad ke-9 yang kala itu ditemukan oleh pengembala kambing bernama Khaldi.

Minuman Kopi doyan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sudah sejak dulu. Diketahui kopi dibawa ke Indonesia pada awal kedudukannya di tahun 1696 yang saat itu kopi yang dibawa berjenis kopi arabika.

Entah karena kebiasaan atau memang sudah mendarah daging, kopi doyan banget dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kebanyakan dari mereka beranggapan kopi adalah energi booster untuk memulai aktivitas pagi. Adapula yang berpendapat dari kalangan muda, kalau kopi jadi minuman teman nongkrong mereka.

BACA JUGA:Nikmatnya Serabi Miring Khas Tegal, Kuliner Langka yang Ternyata Mudah Untuk Dibuat

Nah, tentunya dari alasan-alasan di atas sepenuhnya belum menjawabpertanyaan kenapa orang Indonesia doyan minum kopi. Untuk memperjelas masalah ini, mari kita simak penjelasan dibawah ini!

Alasan Mayoritas Masyarakat Indonesia Doyan Minum Kopi.

1. Sudah Ada Sejak Era Kolonial Belanda

Rupanya kepopuleran kopi di Indonesia, sudah ada sedari zaman penjajahan belanda. Awalnya biji kopi yang dibawa belanda ke Indonesia berjenis biji kopi Arabika yang mempunyai rasa dominan asam ketimbang pahit.

Mulai dari sanalah industri kopi berkembang dan mulai melekat di lidah masyarakat Indonesia.

2. Kualitas dari Kopi Indonesia Terbaik

Setelah awalnya mendatangkan kopi pada kedudukannya yang pertama di tahun 1696, Belanda kembali mendatangkan kopi ke Indonesia pada tahun 1706 setelah mengetahui kualitas dari biji kopi yang ditanam di Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik.

Karena kualitas dari biji kopi yang sangat baik inilah, Belanda akhirnya membangun sebuah perkebunan kopi di sejumlah wiayah Indonesia seperti Sumatera, Sulawesi, Bali, Timor, dan wilayah lainnya.

3. Kopi yang Datang Pertama ke Indonesia Berjenis Arabika

Kopi yang menjadi mayoritas andalan pemerintah Belanda awalnya berjenis Arabika, namun karena jenis kopi ini lebih rentan terkena penyakit karat daun, akhirnya pemerintah belanda mengambil langkah untuk mengganti jenis kopi ini.

Kategori :