Jadi Juara Umum Jumbara Nasional di Lampung, Kontingen PMR Jateng Kalahkan Jakarta dan Bali

Selasa 11-07-2023,23:31 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Khikmah Wati

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Menjadi juara umum dalam penyelenggaraan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) di Lampung, kontingen PMR PMI Jateng berhasil mengalahkan DKI Jakarta dan Bali.

Secara lengkap, peringkat Jumnas yakni peringkat pertama Kontingen PMR Jateng dengan total nilai 92.36 sekaligus sebagai juara umum. Menyusul kemudian, DKI Jakarta dengan nilai 89.67 dan Bali yang mengumpulkan nilai 88.69.

Kemudian di peringkat kedua ada Provinsi Banten, D.I Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Barat, Gorontalo, Sumatra Utara. Kemudian, peringkat kedua Kalteng, Jatim, Susel, Kepri dan Sulbar.

Selanjutnya ada Aceh, Sulut, Kaltara, Sumbar, Babel, Sulteng, Sulsel, Kalbar, Kaltim, Lampung, Kalsel, Sulteng, Jambi, dan NTT. Pada peringkat ketiga Malut, Riau, NTB, Papua Barat, Papua, dan terakhir Maluku. 

Kejuaraan yang berlangsung pada 2 sampai 10 Juli itu diikuti kontingen lain dari seluruh Indonesia. Tujuan penyelenggaraan kegiatan sendiri untuk mempererat tali silaturahmi antarpeserta dan kontingen dari berbagai provinsi serta 12 negara sahabat.

Dua orang peserta yang tergabung dalam kontingen PMR Jateng berasal dari PMI Kabupaten Tegal. Kedatangan mereka pun pengurus sambut dengan baik.

BACA JUGA:17.000 PMI Ikut Program Mandiri Sahabatku Bank Mandiri yang Lahirkan Wirausaha Potensial dari Pekerja Migran

Melalui siaran rilisnya, Ketua PMI Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan pihaknya menyambut baik prestasi tersebut. Selanjutnya, dia berpesan kepada anggota PMR untuk terus berlatih.

“Tidak perlu jumawa karena ini sifatnya evaluasi hasil belajar. Sebab, akan lebih berat lagi untuk mempertahankannya,”katanya.

Menurut Sarwa, prestasi itu hendaknya menjadi motivasi bagi anggota kontingen PMR untuk berperan nyata di lingkungan sekitar. Baik di sekolah maupun di lingkungan rumah masing-masing.

“Adik-adik harus bisa membuktikan bahwa ikut PMR itu banyak sekali manfaatnya, meningkatkan kreativitas, dan prestasi,” ujarnya.

Sementara di PMI Kabupaten Tegal, pengurus telah menyambut kepulangan 2 orang anggota kontingen PMR Jawa Tengah itu. Mereka yakni Hasna Fikriya Rosyada tingkat PMR Mula dan Dinda Putri Viaky N dari Wira.

“Selain itu, kita juga menyambut fasilitator kontingen PMR Jateng yakni Thamalia Haristini yang juga berasal dari Kabupaten Tegal,”kata Kepala Markas PMI Sunarto.

Menurut Sunarto, mereka yang pengurus sambut merupakan bagian dari kontingen PMI Jawa Tengah. Di mana dalam ajang Jumnas Kontingen PMR Jawa Tengah telah meraih peringkat 1 terbaik. ***

Kategori :