Potong 56 Sapi dan 66 Kambing, DPD LDII Bagi Daging Kurban dari Gunung Hingga ke Pesisir Tegal

Kamis 29-06-2023,17:19 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Adi Mulyadi

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Tegal, pada Hari Raya Idul Adha 1444 H atau 2023 potong 56 ekor sapi dan 66 kambing.

Daging kurban dari 122 hewan itu dibagikan kepada masyarakat yang berhak, mulai dari gunung hingga ke wilayah pesisir Tegal.

Ketua DPD LDII Kabupaten Tegal Drs H Walidi W Martama MM bersyukur, warga LDII Kabupaten Tegal bisa melaksanakan penyembelihan atau potong hewan kurban setiap hari raya Idul Adha yang telah ditentukan harinya melalui Sidang Isbat Kemenag RI.

Tahun ini, kata dia, DPD LDII Kabupaten Tegal berhasil menghimpun 122 hewan kurban, terdiri atas 56 ekor sapi dan 66 ekor kambing.

BACA JUGA:Cuma Butuh Waktu 5 Menit, Pemotongan Hewan di RPH Modern Brebes Dinilai Sangat Cepat

Hewan-hewan kurban tersebut disembelih di masjid-masjid binaan LDII Kabupaten Tegal dan hari itu juga segera dibagi-bagikan kepada warga sekitar masjid.

Selain itu, daging kurban juga dibagi kepada warga di wilayah Kabupaten Tegal, dari daerah pegunungan sekitar Kecamatan Bumijawa sampai wilayah pesisir Kecamatan Suradadi. 

 “Alhamdulillah, DPD LDII Tegal bisa berbagi. Kurban ini adalah bentuk ketaatan kita kepada Allah SWT sebagaimana teladan yang diberikan oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS," ucap Walidi.

Walidi mengaku, pihaknya selalu menekankan kepada warga LDII Tegal akan keutamaan dan besarnya pahala berkurban. 

BACA JUGA:Luar Biasa! Sultan di Kabupaten Tegal Berkurban Sapi Seberat 1,4 Ton, Terbesar di Indonesia

Hal itu, kata Walidi, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, "Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan".

Hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Pahala kurban itu akan sampai di sisi Allah sebelum darah hewan kurban menetes ke tanah. 

"Begitu besar keutamaan burkurban, lapangkanlah jiwa kita untuk melaksanakan kurban. Meskipun kurban berupa pemotongan hewan ternak kita lakukan hanya sekali dalam setahun yaitu pada hari Idul Adha dan tiga hari setelahnya, namun semangat kurban harus kita miliki sepanjang tahun,” tutup Walidi. *

Kategori :