Begini Posisi Kaki #Cari_Aman Saat Anda Mengendarai Motor Metik

Selasa 12-07-2022,10:49 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

SEMARANG - Sadarkah setiap bikers saat mengendarai sepeda motor itu sebenarnya menonjolkan kemampuan dalam menjaga keseimbangan? Ya, ketika mengendarai sepeda motor, bikers bukan hanya dituntut untuk dapat mengendalikan keseimbangan unitnya.

Tetapi juga perlu menjaga agar sepeda motor tidak keluar lajur yang diinginkan atau bahkan ambruk saat berbelok. Keseimbangan pun diperlukan saat pengereman cepat atau keras sekalipun.

Saat proses keseimbangan, diperlukan postur badan yang ideal agar pengendara memiliki kelincahan bergerak dan juga memiliki kekuatan untuk menahan gaya-gaya yang terjadi saat bergerak menggunakan motor. Seperti gaya sentrifugal dan gaya gravitasi serta gaya inersia.

Gaya sentrifugal adalah gaya ke arah luar dari tikungan, gaya gravitasi akan menarik motor ke arah bawah saat miring, serta gaya inersia adalah gaya yang melawan saat mengerem, yang membuat badan pengendara maju ke arah depan.

Melakukan pengereman sekaligus menjaga keseimbangan motor adalah keterampilan mutlak yang harus dimiliki setiap pengendara. Pengendara dianggap mahir, jika memiliki kemampuan menghasilkan jarak pengereman berhenti sempurna ke-0 km/jam.

Utamanya dengan jarak pendek tanpa sliding/ngepot serta memiliki kendali penuh atas kendaraannya. Selain itu juga saat melakukan pengereman yang bersambung dengan manuver, menikung atau berbelok bahkan ngegas.

Stang merupakan komponen utama dalam handling, kuasai kemudi dengan memegang dengan seluruh jemari dan posisikan ditengah grip tangan. Usahakan pergelangan tangan segaris dengan bagian tengah bundar pipa stang, ini posisi ideal telapak tangan bisa menahan sekaligus tetap bisa merubah arah tanpa terjadi kegagalan.

Selain tangan beserta jemarinya, posisi kaki sangat menentukan dalam kesigapan dan sangat membantu tubuh menghasilkan keseimbangan di posisi duduk berkendara. Posisi kaki yang menekuk 90 derajat adalah paling ideal untuk tubuh bisa menghasilkan gerak dinamis tubuh dan keseimbangan yang bagus dalam berkendara harian.

Motor metik memiliki lantai untuk telapak kaki, bahkan disediakan untuk merenggangkan kaki (leisure area atau selonjor di motor pcx, adv, dan forza). Berbeda dengan motor sport dan bebek untuk pijakan kaki atau lebih dikenal barstep lokasinya yang tepat untuk posisi kakinya agar menghasilkan kesimbangan yang optimal sesuai kebutuhan ridingnya. 

“Dianjurkan pengguna matik menempatkan kaki dengan lutut menekuk 90 derajat dan telapak kaki menghadap ke depan agar mampu memberikan dukungan kepada tubuh agar menghasilkan respon lebih cepat dan keseimbangan manuver yang optimal, mode santai selonjoran dimanfaatkan untuk mengistirahatkan kaki sejenak dalam perjalanan,” ungkap Senior Instruktur Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto.

Kategori :