Bangun Ekosistem Digital yang Tangguh, Pemkab Tegal Siapkan 10.000 Talent Digital

Minggu 30-01-2022,01:30 WIB

Pemkab Tegal menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship (DEA) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2022 Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini Pemkab Tegal menyiapkan 10 ribu talent digital untuk mensukseskan program  pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Kabupaten Tegal.

Sekda Tegal, Widodo Joko Mulyono mengatakan peserta pelatihan ini berasal dari masyarakat umum yang telah memiliki usaha atau yang akan mendirikan usaha dan telah lolos seleksi yang berjumlah seratus orang.

Program Digital Talent Scholarship atau DTS 2022 Provinsi Jawa Tengah yang diluncurkan dilanjutkan dengan pelatihan Digital Entrepeneurship Academy (DEA) menjadi momentum bersama untuk membangun ekosistem digital yang tangguh.

Di samping itu juga mengintegrasikan berbagai keutuhan layanan publik dan menyelesaikan permasalahan publik secara efektif, efisien melalui konsep pengembangan smart city atau kota pintar.

"Ini sebagai bagian dari solusi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara berkelanjutan. Disamping adaptasi kita pada transformasi cepat era ekonomi digital di masyarakat melalui pelatihan pengelolaan keuangan digital," katanya.

Digital Talent Scholarship atau DTS 2022, tambah Widodo Joko Mulyono, sudah sejalan dengan misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal yaitu membangun perekonomian rakyat yang kokoh, maju, berkeadilan dan berkelanjutan.

Sebelum 10 Oktober mendatang, Pemkab Tegal telah menjalin kerjasama dengan Badan Penelitian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui nota kesepakatan tentang pengembangan smart city dan kapasitas sumber daya manusia bidang komunikasi dan informatika.

Kemudian  dilanjutkan dengan deklarasi kerjasama pegembangan talenta digital sebagai pintu masuk untuk mensukseskan program pengembangan kompetensi SDM di Kabupaten Tegal dengan menyiapkan 10.000 talenta digital.

Pihaknya Juga menjelaskan pengembangan kompetensi SDM tahun 2022 ini meliputi program Vocational school Graduate Academy (VSGA), Program Fresh Graduate Academy (FGA), Program Professional Academy (PROA), Program Thematic Academy (TA), pelatihan Government Transformation Academy (GTA), Program Talent Scouting Academy (TSA), Digital Leadership academy (DLA) dan Program Digital Enterpreneurship Academy (DEA). (guh/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait