Sempat Tertimbun Longsor, Jalur Penghubung Kabupaten Tegal dan Brebes Normal Lagi

Kamis 27-01-2022,07:10 WIB

Hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Bumijawa dan sekitarnya, Rabu (26/1) sore, juga mengakibatkan tebing di Dukuh Bulakwaru, Bumijawa, Kabupaten Tegal longsor.

Akibatnya, material longsoran sempat menutupi seluruh badan jalan di RT 5 RW6 Dukuh Bulakwaru Desa Bumijawa. Jalur penghubung antara Kabupaten Tegal dan Brebes itu pun sempat lumpuh, karena tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun empat. 

Relawan PMI Kabupaten Tegal Abdul Kholik mengatakan hujan mengguyur wilayah Bumijawa pada sore hari. Sekitar satu jam kemudian pada pukul 17.30 WIB, tebing setinggi kurang lebih 10 meter longsor. 

"Material longsor menutup badan jalan Provinsi ruas jalan Bumijawa-Sirampog, sehingga lalu lintas sempat lumpuh selama beberapa jam," katanya. 

Mendengar itu, kata Kholik, pihaknya langsung berkoordinasi dengan TRC Puskesmas, Polsek, Koramil Bumijawa dan petugas gabungan lainnya menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan assesment.

Relawan dan instansi terkait bersama warga langsung berusaha menyingkirkan material longsor, agar jalur bisa kembali dilewati kendaraan. "Sekitar pukul 19.00 WIB, akses jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua," ujarnya. 

Tidak lama berselang, ujar Kholik, bantuan alat berat tiba di lokasi dan langsung menyingkirkan material longsor. Sehingga, pada pukul 23.30 WIB, jalan sudah bisa dilewati semua kendaraan dari kedua arah. (muj/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait