Mulai 26 Desember, Tarif Jalan Tol Tomang-Tangerang-Cikupa Bakal Naik Lagi

Rabu 22-12-2021,07:00 WIB

Bagus juga menambahkan di bidang layanan lalu lintas, dengan mengintegrasikan semua data dan informasi mengenai operasional jalan tol melalui Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC), sebagai pusat kendali lalu lintas jalan tol berbasis Intelligent Transportation System (ITS).

Sistem ini mampu menganalisa kondisi kepadatan di jalan tol, mendeteksi dini gangguan lalu lintas dengan mengidentifikasi perubahan kecepatan kendaraan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Juga bisa dijadikan sebagai perantara dan penyebar informasi kepada pengguna jalan tol melalui VMS, Media Sosial dan Call Center 14080.

Sama halnya dengan Jasa Marga, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga terus meningkatkan pelayanan untuk memberikan pengalaman yang aman, nyaman, lancar dan bahagia bagi pengguna jalan.

Upaya yang dilakukan untuk pelayanan transaksi khususnya di masa pandemi covid 19 ini adalah dengan inovasi penyediaan struk digital yang dapat meningkatkan keamanan pengguna jalan dari potensi penyebaran virus covid 19 dari kontak perpindahan struk fisik, serta potensi struk fisik hilang.

“Peningkatan pelayanan juga dilakukan di Gerbang Tol Cikupa, dengan pemasangan GTO ultralight yang mampu menangani kerusakan secara cepat saat terjadi kendala, sehingga meminimalisir gangguan kepada pengguna jalan,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Adhi Resza.

ASTRA Tol Tangerang-Merak juga senantiasa berkoordinasi dengan instansi dan kepolisian terkait kepadatan di jalan nasional untuk mengantisipasi kepadatan di akses Bitung dengan memberikan informasi dan rekayasa lalu lintas untuk memberikan kelancaran pengguna jalan

Adhi menilai, keberadaan Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa merupakan urat nadi mobilisasi Provinsi Banten dan Ibukota Jakarta yang berperan sangat penting bagi pengembangan wilayah dan industri di kedua daerah tersebut.

Selain itu juga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kawasan seperti industri perumahan, kawasan industri, wisata dan perbelanjaan, sehingga menumbuhkan ekonomi di sekitar wilayah Tangerang, sebagai satelit Kota Jakarta.

Selain itu, Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa berperan sebagai jalan tol yang menjadi akses dari pulau Jawa ke Sumatera yang menjadikan percepatan pergerakan orang, barang dan logistik antar pulau melalui transportasi laut (Pelabuhan Merak).

Berbagai aktivitas sosialisasi telah dilakukan secara konsisten melalui berbagai media komunikasi guna memastikan masyarakat terinformasi dengan baik terkait adanya penyesuaian tarif Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa.

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR tersebut, penyesuaian tarif pada Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa mengalami kenaikan sebesar 500 Rupiah pada setiap golongan. Rinciannya adalah Gol I Rp 8.000, Gol II Rp12.000, Gol III Rp12.000, Gol IV Rp15.500, dan Gol V Rp15.500. (git/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait