Brebes Level 3, Aktivitas Warga Bakal Diperlonggar

Selasa 21-09-2021,18:40 WIB

Setelah sepekan berada di level 4, kini Kabupaten Brebes berstatus Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Selasa (21/9).

Bahkan, status levelnya mendekati level 2. Karenanya, saat ini Pemkab Brebes bakal memperlonggar aktivitas warga, khususnya untuk pelaku UMKM, dan membuka kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Alhamdulillah Brebes saat ini masuk zona PPKM level 3. Kalau tidak ada penilaian cakupan vaksinasi kita sudah masuk level 2. Namun pemerintah pusat menyatakan di level 3, karena terkendala dengan capaian vaksinasi. Karena itu, vaksinasi ini yang akan terus kami dorong, agar Brebes bisa masuk level 2," ungkap Bupati Brebes Idza Priyanti usai zoom meeting bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di pendopo.

Dijelaskannya,  dengan status PPKM level 3 itu, Pemkab Brebes akan memberikan kelonggaran bagi para pelaku UMKM untuk mulai beraktivitas. Selain itu, PTM di tingkat SD dan SMP juga akan dibuka kembali. Artinya, para siswa sudah bisa berangkat ke sekolah, tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun untuk destinasi wisata belum bisa dibuka, karena syaratnya harus sudah level 2.

"PTM dan aktivitas UMKM besok mulai kita buka, namun dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," ujarnya.

Seperti diketahui, Brebes dinyatakan di level 3, karena beberapa indikator penanganan Covid-19 yang terus membaik. Berdasarkan data pusat terhitung mulai 13 sampai 19 September, untuk kasus terkonfirmasi positif hanya 52 orang. Bahkan, khusus di tanggal 19 September nihil kasus. Kemudian, untuk angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupation Rate (BOR) hanya 20 orang dan angka kematian hanya 10 orang.

Untuk mencapai level 2, kata bupati, capaian vaksinasinya harus mencapai 50 persen, dari jumlah penduduk yang tervaksin. Sementara untuk di Brebes, capaian vaksinasinya baru 20 persen lebih. Sedangkan untuk capaian vaksin orang lanjut usia (lansia) harus 40 persen, dan Brebes baru 34 persen.

Karena itu, untuk mendorong tercapainya target vaksinasi 50 persen, pihaknya akan mengerahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar bisa terlibat aktif. Bahkan, nantinya para penerima bantuan program pemerintah syaratnya harus sudah divaksin, agar bisa mendapatkan bantuan tersebut.

"Kami minta dukungan dan peran aktif masyarakat agar target vaksinasi ini tercapai, sehingga Brebes bisa level 2," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait