PMI Mengajak Pelajar SD di Sidakaton Menjaga Protokol Kesehatan

Kamis 09-09-2021,21:54 WIB

Setelah SDN Guci, Bumijawa, sekarang giliran pelajar SD di Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal yang diberikan sosialisasi tentang menjaga protokol kesehatan (Prokes). Sosialisasi ini dilakukan oleh Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.

Kepala Markas PMI Sunarto, Kamis (9/9) mengatakan, kegiatan ini merupakan program penguatan respon penanganan Covid-19 berbasis masyarakat dan surveilans berbasis masyarakat yang didukung oleh KOICA. 

Para pelajar tidak hanya diajarkan cara cuci tangan, tetapi juga diberi pemahaman tentang tujuan memakai masker dan jaga jarak. Sehingga mereka akan selalu waspada saat berada di lingkungan sekolah atau di luar rumah. 

"Kali ini kita memberikan sosialisasi tentang prokes untuk para pelajar SDN Sidakaton 1, 2, 3 dan 5," katanya.

Dalam kegiatan itu, tambah Sunarto, PMI dan Sibat Sidakaton juga memberikan pamflet dan membagikan masker kepada para pelajar tersebut. Adapun, pelajar dari 4 SD yang mengikuti kegiatan tersebut, sebanyak 125 anak. Untuk lokasinya, dipusatkan di SDN Sidakaton 1. Kendati jumlahnya banyak, tetapi pelaksanaannya tetap prokes. 

"Pesertanya tidak dijadikan satu. Jadi, mereka dibagi menjadi beberapa kelas untuk mencegah kerumunan," tambahnya.

Di waktu yang sama, lanjut Sunarto, PMI juga melakukan penyemprotan cairan desinfektan di 4 pasar tradisional. Yakni Pasar Suradadi, Pasar Kemantran, Pasar Balamoa dan Pasar Pangkah. Penyemprotan itu menggunakan mobil pick up spraying. PMI rutin melakukan penyemprotan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait