Diskon dan Listrik Gratis Diperpanjang Jadi Desember

Selasa 20-07-2021,08:00 WIB

Pemerintah kembali memperpanjang subsidi diskon listrik bagi 32,6 juta pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA dari September menjadi Desember nanti.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bahwa diperpanjangnya diskon listrik hingga akhir tahun (Desember 2021) tersebut untuk mengantisipasi dampak dari kebijakan PPKM Darurat.

"Kita akan perpanjang hingga Desember (2021)," kata Sri, Senin (19/7)

Sri menjelaskan, dalam aturanya nanti, pelanggan listrik golongan 450 VA akan mendapatkan subsidi diskon listrik sebesar 50 persen dari tagihan. "Sementara pelanggan 900 VA mendapat diskon 25 persen dari tagihan," ujarnya.

Dengan diperpanjangnya kebijakan diskon listrik tersebut, kata Sri, pihaknya akan memberikan tambahan anggaran sebesar Rp1,91 triliun. "Artinya, total alokasi anggaran subsidi diskon listrik naik dari Rp7,58 triliun menjadi Rp9,49 triliun tahun ini," sebtnya.

Selain memperpanjang diskon listrik, lanjut Sri, pemerintah juga memperpanjang bantuan rekening minimum biaya abonemen atau biaya beban sampai Desember 2021. Subsidi ini bisa dinikmati oleh sekitar 1,14 juta pelanggan usaha kecil menengah dan dunia usaha.

"Kami sudah menyiapkan anggaran tambahan senilai Rp420 miliar untuk perpanjangan subsidi ini. Nantinya, total anggaran subsidi bantuan rekening minimum biaya abonemen naik dari Rp1,69 triliun menjadi Rp2,11 triliun," pungkasnya.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pelanggan listrik golongan 450 VA akan mendapatkan subsidi diskon listrik sebesar 50 persen dari tagihan. Sementara, pelanggan 900 VA mendapat diskon 25 persen dari tagihan.

"Nantinya, diskon listrik diberikan dalam bentuk potongan tagihan kepada pelanggan pascabayar. Sedangkan, pelanggan prabayar bisa mendapatkan diskon setelah pembelian token," kata Bob, Senin (19/7).

Bob menjelaskan cara ini berbeda dengan ketentuan yang berlaku pada awal tahun, di mana pelanggan perlu mengakses situs resmi PT PLN (Persero), mengontak layanan Whatsapp perusahaan, serta aplikasi PLN Mobile.

"Untuk pelanggan prabayar daya 450, tidak perlu lagi mengakses token, baik di website, layanan Whatsapp, maupun melalui aplikasi PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik," ujarnya

Dapat diketahui, pemerintah memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat selama PPKM darurat. Meliputi, program Kartu Sembako, bansos tunai, bantuan beras Perum Bulog, Kartu Prakerja, hingga memperpanjang subsidi kuota internet bagi pelajar dan pendidik. (der/zul/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait