Gawat! Kabupaten Tegal Masih Zona Merah, Stok Vaksin Menipis, di Beberapa Faskes Malah Kosong

Rabu 23-06-2021,08:00 WIB

Persediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Tegal menipis. Hampir di sejumlah puskesmas dan fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah mengalami kekosongan.

Hal ini sangat dikhawatirkan masyarakat mengingat status Kabupaten Tegal masih zona merah penyebaran Covid-19. "Stok (vaksin) hari ini (kemarin, Red.) sangat sedikit," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji, Selasa (22/6).

Hendadi mengaku sudah meminta penambahan stok vaksin ke pemerintah pusat sejak beberapa minggu yang lalu. Namun, hingga kini vaksin belum didropping.

Dia menyebut, minimnya stok vaksin hampir merata. Tidak hanya di Kabupaten Tegal. "Kondisi ini dialami oleh semua kabupaten dan kota lainnya," ujar Hendadi.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal dr Sarmanah mengatakan, sisa stok vaksin saat ini hanya 4.440 dosis. Saat ini, vaksin tersebut berada di sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Tegal.

Menurut Sarmanah, jumlah vaksin itu hanya bisa digunakan untuk dua hari ke depan (Rabu-Kamis 23-24/6). Sejauh ini, pihaknya mengaku sudah meminta alokasi dropping vaksin dari pemerintah pusat.

"Insya Allah dalam beberapa hari lagi akan ada dropping vaksin dari pusat," ujarnya. (yer/gun/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait