Program Siput Perkasa Manjakan Pasien di RSUD Suradadi

Selasa 15-06-2021,21:41 WIB

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Suradadi, Kabupaten Tegal memanjakan pasien dengan program pelayanan gratis Siap Antar Jemput Pasien Periksa (Siput Perkasa). 

Program ini merupakan inovasi rumah sakit tersebut untuk memudahkan masyarakat yang hendak melakukan pemeriksaan rawat jalan.

Direktur RSUD Suradadi dr Ruszaeni MMR, Selasa (15/6) mengatakan, selain memberikan kemudahan, inovasi pelayanan ini juga memberikan kenyamanan bagi masyarakat atau pasien karena armada Siput Perkasa dilengkapi dengan AC, televisi dan Global Positioning System (GPS).

"Prinsipnya, inovasi ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Utamanya bagi pasien yang akan periksa rawat jalan," katanya.

Teknis pelayanan gratis Siput Perkasa, tambah Ruszaeni, pasien hanya menunggu di shelter yang ada di puskesmas di wilayah Kecamatan Warureja, Suradadi dan Kramat. 

Pasien akan dibawa oleh armada Siput Perkasa setelah discreening oleh tim kesehatan puskesmas. Armada mobil itu bisa menampung sedikitnya 6 orang. Setelah dibawa ke rumah sakit, mereka akan diperiksa dan diantarkan pulang kembali ke rumahnya masing-masing.

"Jadi nanti rutenya mulai dari Puskesmas Warureja, Puskesmas Suradadi, Puskesmas Jatibogor, Puskesmas Bangungalih dan Puskesmas Kemantran," tambahnya.

Saat ini, lanjut Ruszaeni, Siput Perkasa belum bisa dioperasikan. Pihaknya baru melakukan uji coba untuk mengetahui kekurangannya. Sehingga bisa dilengkapi jika ada yang belum optimal. 

Rencananya, Siput Perkasa akan di-launching pada Agustus 2021 mendatang oleh bupati Tegal. Pelayanan gratis ini juga untuk mendukung visi dan misi serta program unggulan bupati dan wakil bupati Tegal dalam bidang kesehatan. 

Termasuk juga untuk mendukung rumah sakit tanpa dinding yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Suradadi dr Abdul Hofur MKes menambahkan, program ini untuk melayani pasien yang kesulitan kendaraan transportasi. 

Sehingga mereka akan diantar dan dijemput oleh petugas menggunakan armada Siput Perkasa milik RSUD Suradadi. 

Saat ini, armada yang sudah siap baru satu mobil. Diharapkan armada bisa bertambah minimal tiga mobil. 

"Ini baru soft opening. Nanti finalnya bulan Agustus. Pasien 
yang difasilitasi dengan armada Siput Perkasa hanya pasien yang menderita penyakit selain Covid-19. Termasuk ibu hamil juga tidak disarankan menggunakan mobil tersebut. Untuk pasien Covid-19, ada armadanya sendiri. Begitu pula dengan ibu hamil. Itu harus diprioritaskan," tandasnya. (guh/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait