Tangani 13 ABK Filipina, 42 Nakes RSUD Cilacap Tertular Covid-19 Varian Baru dari India

Minggu 23-05-2021,21:50 WIB

Tangani Anak Buah Kapal (ABK) Kapal MV Hilma Bulker yang bersandar di Pelabuhan Cilacap, sebanyak 42 tenaga kesehatan (nakes) RSUD Cilacap terkonfirmasi Covid-19 varian baru B 1617 dari India.

Atas munculnya varian Covid baru di Cilacap, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meminta BNPB melakukan isolasi terpusat.

Ia mengungkapkan, diketahuinya nakes RSUD Cilacap yang terkonfirmasi Covid-19 varian B 1617 berawal ketika nakes tersebut menangani 13 orang warga Negara Filipina yang bekerja sebagai ABK MV Hilma Bulker.

"Hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) dari Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI menunjukkan ABK tersebut teridentifikasi terkonfirmasi positif Covid-19 varian B 1617,” kata Bupati Tatto dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (23/5).

Tatto menjelaskan, hasil tracing contact tenaga kesehatan RSUD Cilacap yang terlibat dalam penanganan Covid-19 klaster ABK kapal tersebut menunjukkan 42 nakes teridentifikasi konfirmasi positif Covid-19.

"Dari sejumlah nakes itu, sebagian sedang dilakukan pemeriksaan spesimen sampel lanjutan ke laboratorium UGM Yogyakarta,” kata Tatto.

Atas munculnya varian Covid B1617 dari India ini, pihaknya telah berkirim surat ke BNPB untuk penanganan isolasi terpusat.

"Penyediaan tempat isolasi terpusat, misalnya di hotel atau penginapan bagi pasien yang tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah dan juga tidak dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19,” tutupnya. (rmol.id/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait