Bantu Stabilkan Harga, Pemkab Brebes Minta Seluruh ASN Beli Beras Bulog

Senin 10-05-2021,20:40 WIB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungannya berkontribusi terhadap sektor pertanian di kota bawang merah tersebut. ASN diminta membeli beras hasil panen padi petani Brebes melalui Perum Bulog. 

Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, gerakan ASN membeli beras petani merupakan program Pemkab Brebes yang bekerjasama dengan Perum Bulog wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Program Serap Gabah Mandiri (Sergab) merupakan kerja sama antara kelompok tani, Bulog, dan Pemkab Brebes. 

"Nantinya dalam program ini gabah dari petani akan diserap Bulog. Kemudian, dari Bulog akan dijadikan beras yang kemudian beras itu akan didistribusikan kepada ASN," ujarnya usai menandatangani MoU dengan Bulog Cabang Cimohong, Senin (10/5). 

"Ini sebagai salah satu langkah dalam bela beli produk Kabupaten Brebes. Khususnya sektor pertanian dengan komoditas padi," lanjutnya 

Dijelaskannya, saat ini produksi padi di Brebes mengalami kenaikan. Karenanya, untuk menstabilkan harga akan dilakukan serapan gabah. Terlebih kondisi ekonomi saat ini yang dihantam pandemi Covid-19, menyerap gabah petani merupakan upaya untuk pemulihan ekonomi. 

"Kita harus membeli hasil panen para petani yang sebelumnya serapan gabah dilakukan oleh Bulog. Ini demi petani kita. Kita sudah melaksanakan MoU antara kelompok tani dengan Bulog dan Bulog dengan pemkab Brebes," tambahnya. 

Dia berharap 9.000 ASN di lingkungan Pemkab Brebes bisa berperan aktif dalam kerja sama ini. Selain itu, dirinya juga meminta Bulog bisa menjamin beras dengan kualitas premium untuk ASN. 

"ASN di lingkungan Pemkab Brebes itu ada kurang lebih 9 ribu orang. Kami berharap ASN kita bisa berperan aktif membantu petani kita," pungkasnya. (ded/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait