Dari Sabang Sampai Merauke, Inilah Lima Menu Indonesia Banget yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Kamis 06-05-2021,17:30 WIB


[ Foto: Cookped.com ]

Beralih ke pulau Sulawesi, hidangan khas Makassar dan Suku Bugis ini jadi primadona. Berbahan dasar iga atau daging sapi, keunikan sop konro terletak pada kuah yang sangat gurih yang dihasilkan dari berbagai rempah nusantara dan kelapa yang sudah disangrai, sehingga warna kuah coklat kehitaman. Sebagai pelengkap, sop konro disajikan dengan potongan ketupat sebagai sumber karbohidrat dan penyeimbang rasa kuah yang kuat.

Bandeng Kuah Kuning


[ Foto: Cookped.com ]

Dekat dengan pesisir pantai, masyarakat Papua senang sekali mengkonsumsi makanan laut hasil tangkapannya dan menyajikannya dengan lezat. Salah satu yang terkenal adalah bandeng kuah kuning. Warna kuning kuah didapatkan dari kunyit, kemudian dilengkapi dengan cabai merah, bawang dan tomat untuk rasa yang lezat. Tidak jarang, hidangan ini dimakan dengan papeda sebagai makanan pokok masyarakat timur.

Adakah salah satu menu yang jadi kesukaanmu dan mengingatkanmu akan kampung halaman? Saat ini, sudah ada banyak video tutorial berisi resep hingga cara memasak hidangan tersebut di internet dan media sosial.

Siapa tahu, memasak makanan favorit dari kota asalmu dapat mengobati kerinduan akan kampung halaman. Bahan masakan bisa dengan mudah didapatkan di Alfamart, Alfamidi, Hypermart atau Superindo.

Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode pembayaran digital, seperti ShopeePay untuk transaksi aman dan nyaman, serta mendapat berbagai promo menarik. (*/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait