Empat Juta Karyawan Di-PHK karena Corona, Pemerintah Harus Siapkan 15 Juta Lapangan Kerja Baru

Rabu 31-03-2021,07:40 WIB

Banyaknya angka pengangguran dan angkatan kerja yang di PHK akibat terdampak pandemi Covid-19, membuat Rektor Universitas Sebelas Maret, Jamal Wiwoho menyarankan pemerintah menyiapkan 15 juta lapangan kerja.

Saat ini, kata Jamal, ada sekitar 7 juta, mulai dari Aceh sampai Papua yang mencari pekerjaan. Lalu, angkatan kerja per tahun di Indonesia bisa mencapai 2,9 juta.

Sementara data dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) ada sekitar 4 juta tenaga kerja terkena PHK. "Artinya total lapangan pekerjaan yang perlu disiapkan oleh pemerintah sekitar 15 juta,'' ujarnya dalam video daring, kemarin (30/3).

Menurut dia, salah satu langkah yang ditempuh oleh pemerintah untuk mengatasi pertumbuhan jumlah tenaga kerja adalah dengan menarik investor sebanyak-banyaknya masuk ke Indonesia.

Sebab, semakin banyak investor yang masuk, maka semakin pula investasi dan lapangan pekerjaan yang terbuka untuk masyarakat.

"Kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law diharapkan dapat memberikan ruang yang luas untuk UMKM, sehingga akan memberikan kontribusi sekitar 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia,'' tukasnya. (din/zul/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait