Urus Administrasi Kependudukan Langsung Jadi dengan Layanan Samday

Rabu 17-03-2021,20:43 WIB

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tegal terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya yakni pelayanan satu hari langsung jadi (Samday). 

Kepala Disdukcapil Kota Tegal Basuki mengatakan, pelayanan itu merupakan pengembangan inovasi dari pelayanan yang ada sebelumnya. 

"Itu merupakan layanan yang selesai dilakukan dalam satu hari, dan langsung jadi," katanya

Basuki mencontohkan, apabila ada orang yang meninggal dunia, kemudian mengajukan pembuatan akta kematian, maka hari itu juga langsung diproses dan jadi serta akan diantar dengan ojek online. 

"Pengajuan pembuatan akta kematian bisa melalui layanan Whatshap, aplikasi Jakwir Cetem dan relawan adminduk," tandasnya.

Basuki juga menegaskan, layanan Samday itu merupakan pengembangan inovasi dari layanan 2 in 1, 3 in 1, 4 in 1 dan 1 day servis atau satu hari besuk jadi. Karenanya, pihaknya berkoordinasi dengan camat dan lurah.

"Sebab, akan lebih memaksimalkan pelayanan tersebut. Karena nantinya bisa dilakukan dengan mobil pelayanan yang datang ke kelurahan," jelasnya. 

Selain itu juga untuk memaksimalkan cakupan akte kematian agar tidak ada data adminduk ganda. Karena akte kelahiran di bawah usia 18 tahun sudah mencapai 90 persen. (muj/ima)

Tags :
Kategori :

Terkait